Determinan Perilaku Wanita Usia Subur (WUS) Dalam Penggunaan KB Modern Di Sumatera Utara (Analisis Data SKAP Provinsi Sumatera Utara 2019)

Fahrica, Fharcha (2022) Determinan Perilaku Wanita Usia Subur (WUS) Dalam Penggunaan KB Modern Di Sumatera Utara (Analisis Data SKAP Provinsi Sumatera Utara 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FHARCHA COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
SKRIPSI FHARCHA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (895kB)

Abstract

Perkembangan KB di Indonesia belum sepenuhnya berhasil menurunkan laju pertumbuhan penduduk, dikarenakan masih tingginya angka Penggunaan KB dengan pemakaian jenis alat KB. Sumatera Utara memiliki tingkat Pemakaian alat KB berdasarkan hasil Survei Badan Pusat Statistik pada Tahun 2019 ialah 47,63 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan perilaku Wanita usia subur (WUS) dalam penggunaan KB Modern di Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Squqre dengan desain penelitian Cross sectional. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh Wanita Usia Subur WUS yang tercatat dalam survei Kinerja dan Akuntabilitas Program KKBPK 2019 dengan total sampel 2392 sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 515 responden. Penelitian ini melihat Jenis Alat KB yang digunakan oleh masyrakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel Status Tempat Tinggal Bersama Pasangan ( p 0,018 , PR 0,024 ). Hubungan signifikan antara variabel mengeluarkan Biaya Pelayanan KB (p 0,001 PR 216,4 ). Hubungan signifikan antara variabel Kunjungan Petugas Kesehatan ( p 0,011 PR 1,684 ) pada Wanita Usia Subur pada penggunaan jenis alat KB. Wanita Usia Subur Dalam Menggunakan KB berdasarkan data SKAP Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada tingkat alpha 5%. Saran yang dapat diajukan bagi BKKBN Sumatera Utara untuk lebih menyesuaikan metode kontrasepsi yang tersedia di pelayanan kesehatan dan sumber Informasi yang akan didapatkan dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jenis KB , KB Modern , Wanita Usia Subur
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:35
Last Modified: 14 Feb 2023 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17431

Actions (login required)

View Item View Item