Esensi Kata Al-Insān Dalam Penyebutan Surah Al-Insān Dan Pemaknaan Dalam Ayat 1-22 (Studi Penafsiran Qur’an Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah)

Siregar, Annisa Fitri (2022) Esensi Kata Al-Insān Dalam Penyebutan Surah Al-Insān Dan Pemaknaan Dalam Ayat 1-22 (Studi Penafsiran Qur’an Shihab Dalam Tafsir Al-Mishbah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ANNISA.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB I-annisa.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB II-annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB III-annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB IV-annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V-annisa.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-annisa.pdf

Download (320kB)

Abstract

Manusia salah satu dari banyaknya ciptaan Allah yang mempunyai keistimewaan dibandingkan ciptaan lainnya. Dalam Al-Qur’an manusia dikatakan sebagai al-insān disebabkan memiliki sifat pelupa sehingga membutuhkan sebuah peringatan. Al-insān yang dihubungkan dengan keistimewaannya menjadi khalifah atau sebagai pengemban amanah. Memberikan kesan manusia merupakan makhluk spesial yang memiliki basis pengetahuan yang dijadikan patokan dalam menjalani setiap aktivitas kehidupannya. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui hikmah dari penggunaan kata al-insān dalam surah al-Insan yang mencakup dari ayat 1-22. Kemudian menganalisis makna ayat tersebut dengan merujuk pada salah satu tafsir kontemporer yakni tafsir Al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini juga menggunakan penelitian library research dan metode Al-Qur’an yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan metode Tahlili (analisis). Dari hasil penelitian penulis hikmah dalam penggunaan kata al-insān dalam surah al-Insān yang mencakup ayat 1-22 yakni manusia merupakan makhluk ciptaan yang memiliki kemulian. Yang menunjukkan bahwa manusia memiliki adab, yang telah diistimewakan dengan ilmu, akal yang dengan itu diberikan sebuah tanggung jawab menjadi khalifah di bumi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Esensi, Surah Al-Insān, Manusia
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:28
Last Modified: 14 Feb 2023 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17419

Actions (login required)

View Item View Item