Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha

Andayani, Atika and Dahlan, Zaini (2022) Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7 (2). pp. 99-112. ISSN 2476-9703

[img] Text
6531-17084-1-PB.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk memberikan deskripsi mengenai konstruksi karakter siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di MIS Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan informasi dan data dilakukan dengan teknik wawancara bersama Bapak Suyanto, S.Ag selaku Kepala Madrasah sebagai narasumber utama, Ibu Martiya selaku wali kelas 6-A, Ibu Nisa selaku wali kelas 2-A dan juga Ibu Wati selaku staff kantor. Kemudian dilakukan observasi dan pengambilan dokumentasi di mana siswa adalah subjeknya. Teknik analisis data yang digunakan melewati tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya melalui pembiasaan shalat dhuha di MIS Terpadu Mutiara Hikmah, ada lima karakter yang terbentuk dalam diri siswa yaitu: (1) Religius; (2) Disiplin; (3) Tepat Waktu; (4) Tanggung Jawab; dan (5) Jujur. Karakter disiplin menjadi karakter yang paling menonjol sebab siswa mampu mengatur waktu ketika mengambil wudhu, mempersiapkan alat shalat hingga menertibkan dirinya sendiri agar bisa melaksanakan shalat dhuha dengan segera dan tidak mengganggu waktu belajar nantinya. Sementara pada karakter tanggung jawab ditunjukkan oleh ketua kelas serta imam shalat. Sebagai pemimpin, ketua kelas mengarahkan teman-temannya agar tidak berleha-leha, dan sebagai imam menertibkan shaf dan memastikan berjalannya shalat dhuha dengan aman dan tertib.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: karakter, pembiasaan, shalat dhuha
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:35
Last Modified: 13 Feb 2023 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item