Perspektif Tokoh Agama Islam Dan Kristen Tentang Taubat Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Pramudya, Rio (2022) Perspektif Tokoh Agama Islam Dan Kristen Tentang Taubat Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER RIO PRAMUDYA.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB I Rio.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II Rio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III Rio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV Rio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V Rio.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Rio.pdf

Download (700kB)

Abstract

Desa Bandar Khalipah termasuk desa yang kriminalitasnya yang cukup tinggi disebabkan fenomena-fenomena sosial dengan perkembangan zaman yang tidak dihindari dari sisi negatifnya seperti pergaulan bebas, kesenjangan ekonomi, dan minimnya ajaran agama sehingga kriminalitas di Desa Bandar Khalipah cukup tinggi. Dengan begitu pentingnya peran tokoh agama dalam memberikan bimbingan terhadap masyarakatnya terkait ajaran yang baik. Tentunya ini menjadi usaha dan upaya tokoh agama untuk meningkatkan masyarakat yang lebih baik pada nilai-nilai taubat. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pandangan tokoh agama Islam dan Kristen di Desa Bandar Khalipah terhadap taubat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memotivasi dan mengajak masyarakat Desa Bandar Khalipah untuk bertaubat atau kembali pada jalan yang benar sesuai ajaran agama masing- masing. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif yang berjenis Field Reserch (Studi Lapangan) dengan pendekatan Fenomenologi Agama menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil temuan penelitian bahwa perilaku-perilaku keagamaan Desa Bandar Khalipah terpengaruh oleh perkembangan zaman, meskipun mereka terpengaruh perkembangan zaman namun mereka tidak menolak dakwah ajaran yang disampaikan oleh tokoh agama dengan begitu mereka termotivasi untuk kembali ke jalan yang benar. Dengan demikian pandangan tokoh agama dalam memberikan motivasi dan dakwah dengan benar dan mudah diterima oleh masyarakat Desa Bandar Khalipah. Dalam hal ini tingkat kriminalitas semakin hari semakin berkurang dengan adanya pandangan dan peran tokoh agama tersebut. Pembahasanya adalah peneliti menemukan ayat-ayat seperti dalam Islam QS. Al-Baqarah:222 dan dalam Kristen Matius 4:17 yang disampaikan tokoh agama mampu memotivasi masyarakat Desa Bandar Khalipah untuk bertaubat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tokoh Agama, Islam, Kristen, Taubat, Fenomenologi Agama
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:19
Last Modified: 10 Feb 2023 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item