Analisis Pengaruh Pembiayaan Qardh Berbasis Grameen Bank dan Ziswaf Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Periode 2016-2020)

Gultom, Mardia Shintia Devi (2022) Analisis Pengaruh Pembiayaan Qardh Berbasis Grameen Bank dan Ziswaf Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Periode 2016-2020). Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh Pembiayaan Qardh Berbasis Grameen Bank dan Ziswaf Produktif Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (Periode 2016-2020)” ini ditulis oleh Mardia Shintia Devi Gultom, Nim. 0503182217, di bimbing oleh pembimbing I Dr.Sri Sudiarti, MA dan pembimbing II Nurul Inayah, ME, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembiayaan qardh berbasis grameen bank dan ziswaf produktif terhadap profitabilitas (return on asset ) bank umum syariah tahun 2016-2020. Berdasarkan kontekstual bank syariah, merupakan suatu wujud lembaga keuangan yang bersifat islami, yaitu menjalankan segala aktivitasnya dengan prinsip-prinsip syariah. Sehingga di dalamnya terdapat dwifungsi akad yang ia lakukan, yaitu model akad tabarru’ dan tijarah, khususnya melalui pembiayaan berbasis tabarru’. Namun beberapa tahun belakangan ini nilai akan akad seperti pembiayaan qardh sangat kecil apabila dibandingkan pembiayaan lainnya dengan nilai ziswaf terlampau sedikit setiap tahunnya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembiayaan qardh berbasis grameen bank dan zakat, infak, sedekah serta wakaf (ziswaf) produktif, hingga apakah pengaruhnya terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembiayaan qardh berbasisis grameen bank dan ziswaf produktif terhadap profitabilitas.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Umum Syariah pertriwulan periode 2016-2020 sebanyak Emat Bank Umum Syariah dan diambil 80 sampel laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS Release 26.0 For Windowns, yang terdiri dari data cross section dan time series. Sedangkan variabel-variabel yang digunakan yaitu, variabel dependen berupa Return on Asset, kemudian variabel independen berupa,pembiayaan qardh dan ziswaf produktif di Indonesia, pendekatan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan empat perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembiayaan qardh berbasis grameen bank secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return on Asset (ROA), Ziswaf produktif secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Return on Asset (ROA), Pembiayaan qardh berbasis grameen bank dan ziswaf produktif dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kedua variabel secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Bank Umum Syariah. Memiliki pengaruh yang nyata terhadap profitabilitas return on asset pada bank umum syariah sebesar 22 %, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Qardh, Grameen Bank, Ziswaf Produktif, Return on Asset.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:46
Last Modified: 10 Feb 2023 07:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item