Penerapan pembelajaran tematik dengan bantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi rukun Islam pada mata pelajaran fikih di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan.

Ritonga, Siti Khadijah (2013) Penerapan pembelajaran tematik dengan bantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi rukun Islam pada mata pelajaran fikih di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis siti khodijah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran tematik dan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai rukun Islam. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan data-data dikumpulkan melalui empat langkah, yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas I A MIN Medan dengan jumlah 39 siswa pada tahun pelajaran 2013/2014. Data kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Data kuantitatif diambil dari tes dan data kualitatif diambil dari lembar observasi, catatan harian dan dokumentasi . Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan pada hasil belajar siswa dalam menguasai rukun Islam. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil ujian pre-test siswa yakni 55,51, nilai rata-rata siswa pada hasil ujian post test siklus pertama yakni 70,38 dan hasil tes siswa pada post test siklus kedua adalah 92,43. Kemudian, persentase siswa yang mendapat skor di atas 75 pada pre-test adalah 2,56 %, artinya pada pre test siswa yang mendapat skor di atas 75 ada 2 siswa. Persentase keberhasilan untuk post test siklus pertama adalah 17,94%, ini menunjukkan bahwa dalam post test siklus pertama adalah 7 siswa yang mendapat skor di atas 75. Dan persentase keberhasilan pada post test siklus kedua adalah 89,74%, ini menunjukkan bahwa dalam post test siklus kedua ada 35 siswa dari 39 siswa yang mendapat skor di atas 75. Ini berarti bahwa ada peningkatan dari pre test ke post test I, yaitu 15,38 % dan dari post test siklus I ke post test siklus kedua yakni 71,80%. Data di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik dan media audiovisual efektif dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menguasai rukun Islam meningkat dengan menerapkan pembelajaran tematik dan media audiovisual. Peneliti menggunakan rumus t_test untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan perhitungan, dapat dilihat bahwa koefisien t_count adalah 17,42 dan t_table untuk df = N - 1 = 38 , dengan tingkat α = 0,05 adalah 2,02. Ini berarti bahwa koefisien t_count (17,42) > t_table (2,02). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (H_a) dapat diterima. Menurut temuan, H_a menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai rukun Islam.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:45
Last Modified: 19 Jun 2017 01:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item