Efektivitas Kegiatan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Paruh Baya di Yayasan Griya Fadhilah Al-Qur’an Medan

Silvia, Silvia (2022) Efektivitas Kegiatan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Paruh Baya di Yayasan Griya Fadhilah Al-Qur’an Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami oleh peserta didik paruh baya, pelaksanaan kegiatan tahsin tilawah Al-Qur’an, efektivitas kegiatan tahsin tilawah, dan fakor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan tahsin tilawah Al-Qur’an dalam mengatasi keulitan membaca Al-Qur’an peserta didik paruh baya di Yayasan Griya Fadhilah Al-Qur’an Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (research field) dan mengunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta teknik keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami oleh peserta didik paruh baya adalah kesulitan pada makhraj dan sifat huruf. Pelaksanaanya dilakukan satu kali dalam seminggu mulai dari hari senin hingga hari sabtu dengan 4 sesi, dengan tujuan untuk membaguskan bacaan Al- Qur’an para peserta didik, dan dalam pelaksanaannya dilakukan dalam tiga kegiatan pembelajaran yaitu, kegiatan pendahuluan, isi, dan penutup dengan menggunakan metode talaqqi dan musyafahah, dan buku asy-syafi’i sebagai bahan ajarnya dan evaluasi yang digunakan evaluasi formatif. Kegiatan ini efektif dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik paruh baya yang ditandai dengan banyaknya perubahan yang mereka alami. Faktor pendukung kegiatan ini adalah semangat belajar peserta didik, lingkungan, dan sarana yang memadai, sedangkan penghambatnya adalah usia, kesibukan, dan latar belakang mengaji sebelumnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahsin Tilawah Al-Qur’an, Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Peserta Didik Paruh Baya
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:21
Last Modified: 07 Feb 2023 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17335

Actions (login required)

View Item View Item