Tanudin, Gun Teguh (2011) Hubungan pengetahuan pengelolaan kelas dan komitmen oganisasi dengan kinerja guru MTSN Stabat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
Tesis TEGUH TANUDIN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan suatu prestrasi atau hasil kerja dari seorang guru setelah melakukan aktivitas profesional dalam proses pembelajaran. Sekaligus merupakan tolok ukur dari keberhasilan jabatannya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan apabila kinerjanya baik, maka dapat dikatakan bahwa guru yang bersangkutan adalah guru yang profesional. Sebaliknya bila kinerjanya tidak baik, maka dapat dikaakan bahwa guru yang bersangkutan adalah guru yang tidak berhasil secara profesional. Berdarkan hasil observasi dan wawancara penulis dengan kepala Madrasah Tsyanawiyah Negara Stabat bahwa kinerja guru secara umum belumlah optimal. Hal ini terlihat pada hasil pembelajaran siswa yang belum optimal dan pelaksanaan pembelajaran yang belum efektif dan efisien. Keadaan ini merupakan suatu permasalahan yang perlu diatasi, sehingga para guru memperoleh kinerja yang maksimal, sehingga akhirnya memperoleh hasil maksimal agar mereka dapat melaksanakan tugas mereka secara maksimal pula. Untuk meningkatkan kinerja guru, maka perlu diketahui adalah faktor-faktor yang mempengaruhinya berdasarkan pendapat para ahli. Dari berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja kerja tersebut, maka dalma penelitian ini secara khusus akan diteliti dua faktor, yaitu pengetahuan pengelolaan kelas dan komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh guru MTsN pada tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 orang guru. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Alat pengumpulan data yang bersifat dokumen atau bahan pustaka untuk teori-teori yang diperlukan. Sedangkan tes kuesioner ditujukkan kepada responden penelitian ini sebagai alat pengumpulan data yang pokok (data primer). Wawancara ditujukan kepada kepala MTsN untuk memperoleh data skunder. Berdasarkan hasil pembahasan data penilaian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan pengelolaan kelas dan kinerja guru MTsN Stabat pada taraf signifikan 5% dengan besarnya sumbangan variabel sebesar 19.11%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja guru MTsN Stabat pada taraf signifikansi 5% positif dan signifikan pengetahuan pengelolaan kelas dan komitmen organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru MTsN Stabat pada taraf signifikansi 5% dengan besarnya sumbangan variabel sebesar 29.44%. artinya peningkatan pengetahuan pengetahuan kelas dan komitmen organisasi secara sebagaimana yang diungkapkan bersama-sama ditingkatkan, maka kinerja guru MTsN Stabat juga akan meningkat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 08:07 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 08:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1732 |
Actions (login required)
View Item |