Hubungan Higiene Sanitasi Depot Air Minum Terhadap Kualitas Mikrobiologi Air Minum Di Depot Air Minum Isi Ulang Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara

Harahap, Rizqi Nurhidayah (2022) Hubungan Higiene Sanitasi Depot Air Minum Terhadap Kualitas Mikrobiologi Air Minum Di Depot Air Minum Isi Ulang Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER - DAFTAR TABEL.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I (6).pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB III (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
DAPUS - LAMPIRAN.pdf

Download (706kB)

Abstract

Depot air minum merupakan salah satu bidang usaha dengan melakukan proses pengolahan air, yaitu air baku mejadi air minum dalam bentuk curah dan menjual langsung kepada konsumen. Dalam pengolahannya, depot air minum harus memiliki prinsip dapat menghilangkan berbagai jenis sumber polutan, baik fisik, kimia maupun mikrobiologi. Depot air minum harus menjamin kualitas hasil air minum yang di produksi berdasarkan standar baku mutu yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan higiene sanitasi depot air minum dengan kualitas mikrobiologi air minum di depot air minum isi ulang Kecamatan Padangsidempuan Tenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan observasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh depot air minum yang ada di Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara. Pengambilan sampel menggunakan metode Total Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chisquare. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 (55.6%) depot air minum yang tidak memenuhi syarat higiene sanitasi aspek tempat, 7 (77.7) depot air minum yang memenuhi syarat higiene sanitasi aspek peralatan, 5 (55.6%) depot air minum yang tidak memenuhi syarat aspek penjamah dan 6 (66.7%) depot air minum yang memenuhi syarat aspek sumber air baku. Adapun varibael yang berhubungann adalah variabel aspek tempat (p-value : 0.048), dan aspek penjamah (p-value : 0.048). Dengan demikian disarankan kepada pihak yang bertanggung jawab dalam depot air minum dan pihak dinas kesehatan agar bekerja sama untuk menjamin dan meningkatkan kualitas air minum isi ulang yang diproduksi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:56
Last Modified: 02 Feb 2023 04:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17276

Actions (login required)

View Item View Item