Peran Istri Di Keluarga Masyarakat Petani Dalam Perspektif Islam Di Desa Mompang 1 Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara

hasibuan, kiki rimayanti (2022) Peran Istri Di Keluarga Masyarakat Petani Dalam Perspektif Islam Di Desa Mompang 1 Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul peran istri keluarga masyarakat petani dalam perspektif islam studi kasus 2 keluarga di desa mompang 1 kecamatan halongonan timur kabupaten padang lawas utara. Perkembangan zaman dalam kehidupan ini menjadikan kebutuhan keluarga semakin meningkat sehingga mendorong perempuan yang sebagai seorang istri ikut bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Di desa Mompang 1 Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara kebanyakan penduduknya bekerja sebagai petani. Para istri biasanya ikut berkonstribusi untuk membantu suaminya bekerja di ladang, dengan adanya konstribusi dari istri membuat pekerjaan lebih muda di selesaikan dan hasil pendapatan semakin meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi peran seorang istri keluarga masyarakat petani dalam perspektif islam studi kasus 2 keluarga di desa mompang 1 kecamatan halongonan timur kabupaten padang lawas utara, dan bagaimana konstribusi seoarang istri petani dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dari hasil observasi lapangan, wawancara secara mendalam kepada 2 istri petani dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analisis yang meliputi: pengumpulan data, penyaringan data, penggolongan dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh hasil bahwa petani perempuan sebagai seorang istri yang ikut bekerja sangat membantu perekonomian keluarga. Seorang istri juga tidak melupakan peran mereka sebagai ibu rumah tangga meski mereka sudah ikut bekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: petani perempuan, perekonomian keluarga, hak dan kewajiban istri
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:08
Last Modified: 02 Feb 2023 03:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item