Siregar, Halimah Tussaddiah (2013) The Thought Of George Makdisi On Classical Islamic Colleges (Madrasa). Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
SOFTTHESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
idupan hari ini adalah kelanjutan dari kumpulan fase yang telah berjalan. Kondisi sekarang tidak pernah bisa dilepaskan dari situasi sebelumnya. Sejarah menggambarkan bagaimana suatu sebab akibat terjadi dan menjabarkannya secara periodic. Sejarah Islam merupakan satu bagian paling berpengaruh, tidak hanya terhadap Islam itu sendiri tapi juga terhadap ‘pihak lain’ yang juga ikut memberikan pengaruh terhadap sejarah Islam. Brbicara tentang sejarah, maka Sejarah pendidikan Islam merupakan bab penting yang mendapat perhatian besar dari berbagai pihak karena pengaruh yang diberikan berdampak luas tidak hanya pada saat sejarah itu sedang berlangsung, tapi juga ketika fakta yang ada telah menjadi sejarah. Islam sangat menjunjung tinggi peran ilmu dan pendidikan. Melalui proses belajar, ilmu dan pendidikan dikembangkan secara bertahap. Pendidikan adalah usaha manusia untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Sementara itu, insititusi pendidikan adalah sarana dukung untuk melaksanakan kegiatan intelektual. Institusi pendidikan tentu saja berperan penting dalam sejarah pendidikan Islam. Sistem pembelajaran yang digunakan pada zaman klasik telah ditata baik hingga mencapai performa terbaiknya pada level pdidikan tinggi. Pendidikan tinggi Islam merupakan lembaga berkembang karena tidak terbentuk secara asal tapi merupakan hasil dari pengembangan dari lembaga-lembaga sebelumnya yang juga berpengaruh sama ketika pendidikan tinggi telah hadir dan memberikan pengaruh luas terhadap dunia pendidikan pada masa itu. Konsep pendidikan tinggi ini kemudian menjadi kajian yang menarik untuk diteliti sebab kehadiran pendidikan tinggi Islam zaman klasik telah mencuri perhatian para sejarawan muslim dan barat yang kemudian melakukan penelitian terhadap ‘produk’ Islam ini. George Makdisi merupakan salah satu sejarawan barat yang sangat konsen terhadap sejarah pendidikan Islam. Madrasa dalam penelitian ini adalah hasil dari majlis, jami’, maktab dan kuttab, masjid, kh dan madrasa. Pada zaman klasik, madrasah menjadi institusi yg telah mengalami kemajuan n perkembangan di segala aspek. Diluar itu, madrasah juga memberikan pengaruh terhadap kehidupan politik. Penelitian ini bersifat qualitative dan merupakan studi tokoh. Oleh Karena itu, penelitian ini menggunakan studi pustaka yang menghandalkan karya tulis sebagai sumber referensi. Sumber yang digunakan tidak hanya sumber primer tapi juga sumber sekunder yang mendukung. Penelitian ini dihapkan bisa memberikan pemahaman tentang sejarah pendidikan Islam, khususnya tentang lembaga pendidikan tinggi yg merupakan model lembaga yang juga digunakan oleh pendidikan ba
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 13 Jun 2017 05:50 |
Last Modified: | 13 Jun 2017 05:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |