Pengaruh Kegiatan Ro’an Terhadap Peningkatan Sikap Sosial Santri Di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Nainggolan, Yuni Sarah (2022) Pengaruh Kegiatan Ro’an Terhadap Peningkatan Sikap Sosial Santri Di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-1 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kegiatan ro’an di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan. 2) Untuk mengetahui tingkat sikap sosial santri di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan ro’an terhadap peningkatan sikap sosial santri di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode dengan cara mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan data. Penulis menetapkan sampel sebanyak 54 orang dengan menggunakan teknik random sampling ( secara acak) untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan ro’an terhadap peningkatan sikap sosial santri di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kegiatan ro’an di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan dapat dikatakan berjalan dengan baik dilihat dari hasil presentasi kategori tinggi 50% dari 54 responden dengan jumlah 27 orang siswa. 2) Sikap sosial santri di Pondok Pesantren Mangaraja Panusunan Akhir Hasibuan Gunungtua Pargarutan dikategorikan rendah dengan jumlah presentasi 35,18% dari 54 responden dengan jumlah 19 orang siswa. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ro’an (X) terhadap peningkatan sikap sosial (Y) hasil yang ditemukan adalah adanya pengaruh dengan presentase 68% dari kegiatan ro’an terhadap peningkatan sikap sosial santri. Uji analisis regresi yang dilakukan menemukan hasil bahwa t hitung > t tabel ( 6,491 > 1,675). Karena t Hitung > t Tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ro’an, Sikap Sosial
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:55
Last Modified: 01 Feb 2023 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item