Strategi pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah (Univa) Medan

Sholeh, Muhammad (2014) Strategi pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah (Univa) Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Muhammad .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tujuan Pembelajaran Kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA Medan. 2) respon mahasiswa dalam mengikuti Pembelajaran Kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA Medan.3) pelaksanaan strategi pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA Medan. 4) faktor-faktor apa saja yang menunjang dan menghambat pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA Medan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Data yang dimaksud berasal dari wawancara, observasi, catatan lapangan, video tape, dokumen pribadi dan dokumen-dokumen lainnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang menggambarkan fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subjek yang berupa individu, organisasional atau perspektif yang lain. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning adalah agar mahasiswa mampu memahami materi yang diajarkan oleh para dosen dan mampu meng-implementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta untuk mencetak calon Ulama yang mampu menyiarkan ajaran agama Islam dan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar setelah para mahasiswa lulus dari Fakultas Agama Islam UNIVA Medan. 2) Sebagian mahasiswa merespon dan menganggap matakuliah tersebut dapat membantu mengembangkan kepribadiaanya. Namun sebagian mahasiswa yang lain respon mahasiswa biasa-biasa saja yang dapat dimaknai sebagai mata kuliah formalitas yang wajib diikuti dan wajib lulus dengan standar minimal nilai yang ditentukan. 3) Pelaksanaan strategi pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA Medan. Strategi yang diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning di Fakultas Agama Islam UNIVA adalah sorogan, bandungan, penugasan/resitasi, dan driil 4) Faktor yang menunjang terlaksananya pembelajaran kitab kuning adalah keberadaan dosen yang mempunyai kemampuan yang mumpuni, banyaknya mahasiswa yang lulusan dari pesantren dan qismul ali, lingkungan yang religious serta tersedianya refrensi kitab kuning di perpustakaan UNIVA Medan. Faktor yang menghambat terlaksananya pembelajaran kitab kuning adalah pemanfaatan dan penataan catalog Perpustakaan, Minimnya Alokasi Waktu, Minimnya Pengetahuan Mahasiswa tentang Ilmu Nahwu dan Sharaf dan Minimnya Kosakata Bahasa Arab Yang Dikuasai Oleh Mahasiswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 Jun 2017 08:13
Last Modified: 12 Jun 2017 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item