Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi pada materi perilaku terpuji Kelas VII-F di SMP Negeri 28 Medan

Batubara, Armiati (2014) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi pada materi perilaku terpuji Kelas VII-F di SMP Negeri 28 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Armiati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengungkap masalah yang terjadi di jenjang pendidikan menengah pertama yaitu SMP Negeri 28 Medan, dengan fokus masalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran, pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi di SMP Negeri 28 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi di SMP Negeri 28 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif-kualitatif, sebagai sumber data penelitian diambil dari kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memaparkan gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi pada materi perilaku terpuji kelas VII-F di SMP Negeri 28 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi di SMP Negeri 28 Medan terdiri dari: 1) Perencanaan pembelajaran, 2) Proses pembelajaran, dan 3) Hasil pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Perlunya menyiapkan rencana pembelajaran sebenarnya sudah disadari oleh para guru, namun persoalannya adalah tingkat kepedulian para guru untuk menyajikan pengajaran yang baik dan sistematis, serta tingkat keahlian mereka pada disiplin keilmuan masing-masing yang belum memadai untuk dapat merancang suatu konsep pembelajaran. Adapun komponen yang mempengaruhi berjalannya suatu proses pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yaitu: 1) tujuan, 2) materi pembelajaran, 3) metode pembelajaran, 4) media pembelajaran, 5) evaluasi pembelajaran. Dan hasil belajar peserta didik dapat diklasifikasi ke dalam tiga ranah (domain), yaitu: (1) ranah kognitif (pengetahuan atau yang mencakup kecerdasan bahasa dan kecerdasan logika – matematika), (2) ranah afektif (sikap dan nilai atau yang mencakup kecerdasan antarpribadi dan kecerdasan intrapribadi, dengan kata lain kecerdasan emosional), dan (3) ranah psikomotor (keterampilan atau yang mencakup kecerdasan kinestetik, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan musikal). Faktor pendukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi di SMP Negeri 28 Medan adalah kebijakan sekolah dalam menyediakan kelengkapan alat-alat, kooperatifnya semua pihak untuk membantu kelancaran belajar, ide dan kemauan siswa dan guru yang saling mendukung untuk selalu berpikir kreatif dan kritis, kemauan siswa yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis teknologi informasi di SMP Negeri 28 Medan adalah kurangnya sumber daya manusia dalam hal ini adalah guru yang menguasai teknologi, kurangnya tersedia peralatan di sekolah, anggaran sekolah yang masih rendah untuk dapat memfasilitasi pemanfaatan teknologi informasi komputer (TIK), masih banyaknya beban kurikulum yang harus dicapai, banyaknya situs yang membahayakan moral, misalnya bagi para pelajar khususnya dan bagi kalangan khalayak luas pada umumnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 12 Jun 2017 08:00
Last Modified: 12 Jun 2017 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item