Fungsi Kekerabatan Kelompok Marga Dalam Integrasi Sosial Pada Masyarakat Di Dusun Jumamangkat Desa Pegagan Julu X Kab. Dairi

Sitompul, Diah Rahmadhaniah (2021) Fungsi Kekerabatan Kelompok Marga Dalam Integrasi Sosial Pada Masyarakat Di Dusun Jumamangkat Desa Pegagan Julu X Kab. Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB I. Pdf.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kekerabatan di Dusun Jumamangkat dan untuk mengetahui bagaimana kekerabatan marga berfungsi dan mengatur integrasi di Dusun Jumamangkat. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori AGIL oleh Talcott Parson. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, langsung serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa kekerabatan yang terjalin di desa Jumamangkat masih sangat berfungsi dengan baik di dalam masyarakat. Sebagaimana kekerabatan yang terjalin dapat menjadikan masyarakat berintegrasi antara sesama masyarakat meskipun berbeda pandangan serta berbeda keyakinan. Keberagaman dalam memeluk agama, suku, budaya, serta pandangan hidup tidak dapat terhindarkan. Sebagaimana yang terjadi di Dusun Jumamangkat, Kab. Dairi, integrasi sosial tidak terlaksana apabila tidak ada hubungan yang baik antara sesama masyarakat yang berbeda suku, agama, serta pandangan hidup. Di dusun Jumamangkat, Kab. Dairi, tidak hanya terdapat satu agama saja. Tetapi juga terdiri dari beberapa agama seperti, Islam, Kristen Protestan, dan Kristen Katholik. Sebagai dusun yang memiliki beragam kepercayaan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, tentu saja hal tersebut sangat dekat dengan terjadinya konflik. Namun, di dusun jumamangkat kekerabatan berfungsi sebagai dasar apabila terjadi konflik antar masyarakat di dusun Jumamangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekerabatan berfungsi di dalam masyarakat dengan baik sehingga kekerabatan menjadi dasar dalam hidup bermasyarakat di dusun Jumamangkat. Dalam penyelesaian konflik pun masyarakat Dusun Jumamangkat menggunakan fungsi kekerabatan terlebih dahulu untuk menyelesaikan permasalahan. Dengan mendatangkan tokoh tokoh penting yang ada di dusun. Seperti tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Sosiologi Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:37
Last Modified: 31 Jan 2023 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17135

Actions (login required)

View Item View Item