Pemanfaatan Masjid Agung Syahrun Nur Sebagai Pusat Kegiatan Dakwah Para Pegawai Negeri Sipil Di Kota Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Hartati, Novia Sry (2022) Pemanfaatan Masjid Agung Syahrun Nur Sebagai Pusat Kegiatan Dakwah Para Pegawai Negeri Sipil Di Kota Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Novia Sry Hartati.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Novia Sry Hartati.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II Novia Sry Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Novia Sry Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Novia Sry Hartati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Novia Sry Hartati.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI Novia Sry Hartati.pdf

Download (870kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pemanfaatan Masjid Agung Syahrun Nur beserta faktor pendukung dan penghambat hingga implikasinya sebagai pusat kegiatan dakwah para Pegawai Negeri Sipil di kota Sipirok kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari lima orang pengurus Badan Kemakmuran Masjid Agung Syahrun Nur dengan cara purposive sampling. Alat pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa bentuk pemanfaatan kegiatan dakwah Masjid Agung Syahrun Nur di kota Sipirok kabupaten Tapanuli Selatan (1) Pengumpulan Infak dan Sedekah, (2) Majelis Taklim Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tapanuli Selatan: Pengajian Agama (Pembinaan rohani para Pegawai Negeri Sipil), Pengajian Akbar, Safari Ramadhan, dan Halal bi halal, (3) Peringatan Hari Besar Agama Islam (PHBAI) dengan melaksanakan ceramah pada hari-hari besar Islam Seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Peringatan Maulid dan Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw. Peneliti juga menemukan hambatan pada kegiatan dakwah yang dilakukan oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Masjid Agung Syahrun Nur diantaranya faktor Sumber Daya Manusia (SDM), faktor waktu dimana para pegawai mempunyai kesibukan yang tinggi dan kegiatan dakwah bukanlah kegiatan pokok, sehingga tidak jarang kegiatan berbenturan dengan kegiatan di luar jam kerja. Sedangkan untuk implikasi dari kegiatan dakwah adanya dukungan dana sehingga bisa membiayai kegiatan kecil hingga kegiatan berskala besar, sehingga menambah motivasi dan semangat belajar Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengakibatkan terbangunnya ukuwah islamiyah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:02
Last Modified: 31 Jan 2023 03:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item