Hubungan Lingkungan Rumah Dengan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Pada Balita Wilayah Kerja Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (Uptd) Puskesmas Mutiara

Al-Rasyid, Abdul (2022) Hubungan Lingkungan Rumah Dengan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Pada Balita Wilayah Kerja Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (Uptd) Puskesmas Mutiara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover (Abdu Al-Rasyid).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (Abdu Al-Rasyid).pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II (Abdu Al-Rasyid).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (Abdu Al-Rasyid).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (Abdu Al-Rasyid).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (Abdu Al-Rasyid).pdf

Download (308kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (Abdu Al-Rasyid).pdf

Download (1MB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) diresmikan sebagai permasalahan kesehatan fundamental sebab menimbulkan kesakitan serta kematian paling banyak di dunia, tidak hanya itu peradangan saluran pernapasan atas pula menimbulkan kematian serta kesakitan bayi juga anak Indonesia. Aspek pemicu tingginya permasalahan ISPA di Indonesia ialah area yang kurang baik. Kejadian ini menarik atensi peneliti mengkaji kaitan lingkungan rumah dengan peristiwa ISPA bayi. Riset ini bersifat kuantitatif, serta desain cross sectional. Populasi riset 70 bayi yang terdapat di Daerah Kerja Unit serta pernah terjangkit ISPA., dengan keadaan area rumah tidak sehat serta orang tua perokok berat. Sampel dijangkau dengan teknik total sampling. Analisis data dilaksanakan sebagai penunjang hipotesa, yakni analisis univariat serta bivariat. Ada hubungan antar lingkungan rumah dengan ISPA bayi di Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mutiara Tahun 2022, nilai p-value 0,000 (p<0,05). Nilai OR 51,667 > 1, didefinisikan ISPA mengancam bayi 51,667 kali di keadaan area rumah kurang baik, dibanding bayi yang area rumahnya baik. Diperlukan penyuluhan kesehatan dengan menyertakan kader posyandu, bagian kesehatan lingkungan, perangkat desa, dan lainnya supaya pengetahuan kesehatan lingkungan masyarakat meningkat utamanya sanitasi wilayah pemukiman/ perumahan/ sanitasi rumah, supaya bebas dari ISPA bayi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Rumah, Penyakit (ISPA)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:40
Last Modified: 27 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item