Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Wilayah Kerja Puskesmas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang

Nirwana, Tasya (2022) Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Wilayah Kerja Puskesmas Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER TASYA NIRWANA.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB I TASYA NIRWANA.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB II TASYA NIRWANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III TASYA NIRWANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV TASYA NIRWANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V TASYA NIRWANA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Nyamuk membutuhkan tempat bertelur, sehingga menjaga sanitasi lingkungan penting bagi masyarakat. Ada risiko terkena demam berdarah jika tidak memiliki sanitasi lingkungan yang baik. Menurut perkiraan, demam berdarah mempengaruhi 50-100 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan 500.000 rawat inap di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebersihan lingkungan dengan kejadian penyakit demam berdarah di wilayah kerja Puskesmas Deli Tua Deli Serdang dengan 20.000 kematian akibat penyakit tersebut. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian cross-sectional dan bersifat kuantitatif. 81 peserta menjadi sampel penelitian ini. Pengambilan sampel secara accidenly digunakan dalam prosedur sampel. Data dianalisis menggunakan dua metode alternatif. Data dengan Analisis bivariat menggunakan kedua elemen dan analisis univariat hanya menggunakan satu. Analisis chi square digunakan untuk melihat perbedaan antar set data. Hasil penelitian tidak menunjukkan adanya hubungan antara kejadian demam berdarah dengan sistem pembuangan sampah (P-value 0,574), kondisi lingkungan rumah (P-value 0,181), keadaan tempat penampungan air (P-value, 1000) dan sistem pembuangan air limbah (P-value, 0,474). Untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari demam berdarah, kami mengharapkan masyarakat umum untuk mempraktikkan keselamatan lingkungan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi, Lingkungan, DBD
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:26
Last Modified: 26 Jan 2023 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item