Pengetahuan Moderasi Beragama Santri Kelas VI Di Pondok Pesantren Ats-Tsaqofiy Tanjung Morawa

Wardani, Lisa (2022) Pengetahuan Moderasi Beragama Santri Kelas VI Di Pondok Pesantren Ats-Tsaqofiy Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN LAINNYA.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengetahuan moderasi beragama santri kelas VI Di Pondok Pesantren Ats-Tsaqofiy Tanjung Morawa. Latar belakang penelitian ini ialah adanya fakta keterlibatan santri pada peristiwa bom Bali, serta pandangan dari kalangan tokoh di Indonesia yang menyebutkan bahwa pesantren rentan terpapar paham Radikalisme. Pokok permasalahan penelitian ini dibagi ke dalam dua sub masalah, yaitu: Pertama, Apa maksud moderasi beragama di Indonesia. Kedua, Bagaimana pengetahuan moderasi beragama di kalangan santri kelas VI Pesantren Ats Tsaqofiy Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah : Pertama, Untuk mengetahui maksud moderasi beragama di Indonesia. Kedua, Untuk mengetahui tingkat pengetahuan moderasi beragama di kalangan Pesantren Ats-Tsaqofiy Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah penelitian kuantiatif, dengan pendekatan Teologi normatif. Sumber data penelitian adalah : pertama data primer, yaitu data yang diperoleh dengan dengan kuesioner dan juga melalui interview dengan ustadz yang aktif membina dan mengajar di Pesantren. Kedua, data sekunder yaitu data pendukung yang tidak diambil langsung dari informan akan tetapi melalui dokumen dan hasil penelitian yang relevan dengan masalah penelitian ini untuk menelengkapi informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Data tersebut berupa buku, jurnal ilmiah, penelitian, dan artikel online. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden yang memiliki tingkat pengetahuan tentang moderasi beragama yang “cukup” yaitu sebanyak 15 orang atau sama dengan (48,4%). Adapun responden yang memiliki tingkat pengetahuan tentang moderasi beragama yang “kurang” yaitu sebanyak 12 orang atau sama dengan (38.7%). Sementara responden yang memiliki tingkat pengetahuan tentang moderasi beragama yang “baik” yaitu sebanyak 4 orang atau sama dengan (12.9%). Jadi, pengukuran tingkat pengetahuan tentang moderasi beragama pada santri kelas VI dikategorikan “kurang” karena persentase tingkat pengetahuan mereka secara keseluruhan kurang dari 55% (<55%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Moderasi Beragama
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:32
Last Modified: 25 Jan 2023 03:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item