Pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Falah Kelurahan Helvetia Tengah

Lubis, Ibrahim (2013) Pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Falah Kelurahan Helvetia Tengah. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Ibrahim.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah kelurahan helvetia Tengah. Permasalahan yang diteliti mencakup bagaimana tujuan, metode, materi dan evaluasi pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Falah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru-Guru dan Peserta Didik Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Falah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data. Penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Sementara teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan, triangulasi dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran pendidikan keagamaan dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap inti/proses dan tahap akhir. Tahap pendahuluan adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin. Tahap inti/proses merupakan kegiatan belajar-mengajar sesuai dengan materi yang akan dipelajari. tahap akhir merupakan tugas yang harus dikerjakan siswa. 2. Tujuan pendidikan keagamaan adalah terbentuknya peserta didik yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama yang berwawasan luas, kritis, kreatif, inovatif, dan dinamis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia 3. Materi pendidikan keagamaan yang diterapkan adalah Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Al-qur`an hadist dan Praktek Ibadah. 4. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah, metode diskusi, metode demontrasi, metode tanya-jawab dan metode penugasan. 5. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada dua aspek yaitu kognitif dan afektif dengan memperhatikan hasil ujian. Setelah dilakukan penelitian terhadap pelaksanaan pendidikan keagamaan di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Falah Kelurahan Helvetia Tengah, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan keagamaan di MDA Al-Falah Kelurahan Helvetia Tengah sudah mampu menggunakan strategi, metode, penerapan materi ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum, sementara pemanfaatan media ajar masih kurang.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:53
Last Modified: 08 Jun 2017 02:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item