Pola penerapan teori hukum dalam penulisan skripsi pada mahasiswa prodi hukum keluarga islam Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sumatera Utara

Turnip, Ibnu Radwan Siddik and Sukiati, Sukiati and Irwan, Irwan (2022) Pola penerapan teori hukum dalam penulisan skripsi pada mahasiswa prodi hukum keluarga islam Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sumatera Utara. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan, Medan. (Submitted)

[img] Text
Laporan Penelitian Ibnu dkk 2022 (Teori Hukum).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pola penerapan teori hukum dalam penulisan skripsi mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sumatera Utara, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi polarisasi penerapan teori hukum pada penulisan skripsi mahasiswa dan untuk menjelaskan solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi ketidakseragaman dan ketidaksiapan mahasiswa dalam menggunakan kerangka teori dan teori hukum dalam penulisan skripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, Focus Group Discussion (FGD), wawancara. Wawancara dan FGD dilakukan dengan mendata pandangan dosen, pembimbing, alumni dan mahasiswa Prodi HKI tentang penelitian dan penulisan skripsi. Studi dokumentasi dilakukan dengan melihat langsung skripsi mahasiswa Hukum keluarga Islam sejak tahun 2018 sampai 2022. Penelitian ini menemukan terdapat enam polarisasi penulisan skripsi mahasiswa. Pertama, skripsi tidak menggunakan kerangka teori yang berisikan teori-teori hukum. Kedua, skripsi menggunakan kerangka teori, namun tidak berisikan teori-teori hukum. Ketiga, skripsi menggunakan kerangka teori dan menjelaskan teori-teori hukum yang akan digunakan sebagai pisau analisisnya, tetapi tidak menggunakannya pada analisis. Keempat, skripsi menggunakan kerangka teori dan menjelaskan teori hukum di dalamnya, tetapi teori hukum yang digunakan sebagai analisis berbeda dengan teori hukum pada kerangka teori. Kelima, skripsi tidak menggunakan teori hukum pada kerangka teori, namun analisis menggunakan teori hukum. Keenam, skripsi yang menggunakan kerangka teori dan teori hukum yang digunakan pada kerangka teori, kemudian menerapkan teori hukum tersebut dalam menganalisis hasil penelitiannya. Faktor yang mempengaruhi polarisasi penerapan teori hukum pada penulisan skripsi mahasiswa yaitu; faktor materi pengajaran, faktor dosen pengajar, faktor dosen pembimbing, dan faktor keseriusan mahasiswa. Adapun solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi ketidakseragaman dan ketidaksiapan mahasiswa dalam menggunakan kerangka teori dan teori hukum dalam penulisan skripsi antara lain; perlu keterlibatan Fakultas dan Prodi untuk mengambil kebijakan, keseragaman materi pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian, peran pembimbing skripsi dan peran mahasiswa. Melihat persoalan di atas, maka keterlibatan Fakultas dan pengelola Prodi untuk segera mengambil kebijakan dalam mengatasi model penulisan skripsi yang baik dan memenuhi kriteria penulisan yang ilmiah adalah sangat penting dan urgen.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:28
Last Modified: 24 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item View Item