Arlina, Arlina and Priantono, Djodi and Nasution, Ismail Effendi and Munawwarah, Raudhatul and Lubis, Yulia Haliza (2022) Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Siswa Kelas V-E di Sekolah MIN 12 Medan Tembung. Al-Ubudiyah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3 (2). ISSN O: 2809-7459 P : 2745-7796
Full text not available from this repository.Abstract
Belajar dan mengajarkan membaca dan menullis Al-Qur’an dengan cara yang benar agar sesuai dengan makhraj dan tajwid ialah kewajiban bagi umat muslim. Dengan mempelajari ilmu tajwid dengan kaidah yang benar maka dengan membaca Al-Qur’an tidak mengalami kekeliruan baik dalam pelafalan maupun arti kandungan ayat yang dibaca sehingga membaca Al- Qur’an dapat bernilai ibadah. Dari pembahasan tersebut sudah seharusnya kita sebagai calon pendidik di tingkat MIN/ SDN mulai memperhatikan bagaimana kualitas anak mengenai membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an pada kelas V-E MIN 12 Medan Tembung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif karena menyajikan data dalam bentuk kata-kata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penelitian dekskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa siswa kelas V-E MIN 12 Medan Tembung sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makharijul huruf dan juga penulisan al-Qur’an sudah baik dan benar. Tetapi terdapat beberapa siswa yang sama sekali belum lancar dan mahir dalam membaca Al-Qur’an, juga terdapat kesulitan dalam menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran dan pendampingan yang inovatif, Ahlul Kitab, Kualitatif |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16921 |
Actions (login required)
View Item |