Implementasi assessment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan

Ernani, Ernani (2012) Implementasi assessment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS Ernani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Pendekatan yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan, pada materi akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sebelum dan setelah diterapkan self dan peer assessment, mengetahui bagaimana implementasi self dan peer assessment, dan mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan dengan menggunakan self dan peer assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi,wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menguraikan penjelasan dalam bentuk kalimat, data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh: 1) kegiatan pra tindakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum diterapkan pembelajaran dengan menggunakan self dan peer assessment masih rendah dengan capaian nilai tertinggi 87 dan terendah 57. Hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (< 72) sebanyak 20 siswa (58,82%), sedangkan yang mencapai kriteria ketuntasan miminimal (≥ 72) hanya 14 siswa (41,18%) dari 34 siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran self dan peer assessment terdiri dari 2 (dua) siklus pada materi akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sudah terlaksana dengan baik. 3) Setelah diterapkan pembelajaran self dan peer assessment pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan capaian sebesar 67,64 % (23 siswa) telah mencapai batas ketuntasan sedangkan 32,36 % (11 siswa) belum mencapai nilai ketuntasan yaitu < 72. Hasil belajar siswa pada siklus II semua siswa telah mencapai batas kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata ≥ 72 (100%). Rentang nilai yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II berada dalam rentang nilai 63 sampai dengan 100. (4) Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus I sebesar 5,94 (8,27%) dan pada siklus II sebesar 6,41 (8,25%). Maka total peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan pada materi akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sebesar 12,35 (17,20%).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:04
Last Modified: 08 Jun 2017 02:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item