Hasanuddin, Hasanuddin (2014) Implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
TESIS HASANUDDIN .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan, (3) Bagaimana pengawasan yang dihadapi kepala sekolah dan guru-guru PAI dalam mengimplementasikan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan, (4) Bagaimana koordinasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan, (5) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian observasi lapangan dan dalam kelas, tempat dan waktu penelitian adalah bertempat di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Waktu penelitian ini dimulai pada tanggal 14 Oktober 2013 dan berakhir pada tanggal 9 Januari 2014. Penelitian ini memakan waktu selama kurang lebih 3 bulan. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru pendidikan agama Islam, dan Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, dokumen, observasi. Teknik analisis data yaitu melakukan pengamatan, mengecek ulang informasi, melakukan kategorisasi, menarik kesimpulan umum. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji dependability, transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, mengungkapkan temuan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan yakni lebih cenderung sebagai konsep teknologi, yakni suatu perencanaan yang mendorong penggunaan teknik-teknik yang dapat mengembangkan tingkah laku kognitif dan teori-teori konstruktif terhadap solusi dan problem-problem pengajaran, terutama dalam bidang kompetensi pembelajaran ámaliyah (Micro Teaching). Membaca dan mendeskripsikan serta mendesain metode-metode ceramah ilmiah. Seorang guru pendidikan agama Islam dalam mendudukkan nilai-nilai keIslaman menggunakan teori perencanaan pembelajaran terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri sebagai teknologi yang mendorong peserta didik untuk mencari literatur-literatur yang berkenaan dengan metode-metode dakwah (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan yakni menggunakan model ROPES yang memuat di antaranya review, overview, presentation, exercise dan summary (3) Pengawasan yang dihadapai kepala sekolah dan guru-guru PAI dalam mengimplementasikan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan yakni menggunakan directing atau commanding (4) Koordinasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan yakni koordinas pembelajaran pendidikan yang beriorientasi kepada hubungan stakeholder/pemangku jabatan, antara wakasek dengan kepsek, antara guru dan kepsek dan antar wakasek dengan guru-guru PAI (5) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Percut Seituan yakni evaluasi perangkat kerja pembelajaran dengan menggunakan observasi dan data interview
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:26 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1690 |
Actions (login required)
View Item |