Hubungan penggunaan pendekatan pembelajaran scientific dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.

M i s n a n, M i s n a n (2014) Hubungan penggunaan pendekatan pembelajaran scientific dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis MISNAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Scientific dan Kecerdasan emosional dengan hasil belajar pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X11 MAN 2 Model Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X11 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan yang, berjumlah 65 orang pada tahun 2014. Keseluruhan populasi jadikan sample penelitian ini. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada Pembimbing Tesis, selanjutnya diuji cobakan kepada responden yang bukan sample penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 terdiri dari 20 item, variabel X2 terdiri dari 20 item dan Y terdiri dari 30 item, seluruhnya valid dan reliabel. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2 dan Y diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai p < 0,05 (1)Terdapat hubungan positif antara variabel penggunaan pendekatan pembelajaran scientific dengan Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa. Hal ini berarti semakin baik penggunaan pendekatan pembelajaran scientific, maka semakin meningkat Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa. (2) Terdapat hubungan positif antara variabel kecerdasan emosional siswa dengan Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin baik Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa.(3)Terdapat hubungan positif antara variabel penggunaan pendekatan pembelajaran scientific dan kecerdasan emosional siswa secara bersama-sama dengan variabel Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa. Hal ini menjelaskan bahwa semakin baik penggunaan pendekatan pembelajaran scientific dan semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin baik Hasil Belajar Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 06 Jun 2017 06:06
Last Modified: 06 Jun 2017 06:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item