Hubungan Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Yayasan Perguruan MTs Hidayatussalam Medan

Wahyuni, Neni Nita (2022) Hubungan Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Yayasan Perguruan MTs Hidayatussalam Medan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (4). ISSN 2775-2380

[img] Text
10. NENI NITA WAHYUNI.pdf

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Manajemen Kelas di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan, 2) Motivasi Belajar Siswa di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan, dan 3) Hubungan Manajemen kelas dengan Motivasi belajar siswa di Yayasan Perguruan Hidayatussalam Medan. Sampel penelitian ini siswa di Yayasan Perguruan MTs Hidayatussalam Medan dengan jumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, dan linearitas. Teknik analisis data digunakan korelasi sederhana pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Sebaran skor Manajemen kelas (X) sebanyak 5 orang (16,67%) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 10 orang (33,33 %) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 15 orang (50%) di atas rata-rata, 2) Sebaran skor Motivasi belajar siswa (Y) sebanyak 7 orang (23,33 %) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 9 orang (30%) berada pada ratarata kelas interval dan sebanyak 14 orang (46,67%) di atas rata-rata, dan 3) Koefisien korelasi antara variabel Manajemen kelas (X) dengan Motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,967 dengan demikian hubungan keduanya tergolong kuat dan koefisien determinasinya sebesar 0,935 artinya Manajemen kelas (X) memberikan pengaruh terhadap Motivasi belajar siswa (Y) sebesar 93,67%. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 20,140 sedangkan nilai t tabel = 2,042. Oleh karena t hitung (20,140) > t tabel (2,042), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Manajemen kelas dengan Motivasi belajar siswa MTs Hidayatussalam Medan dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 45,533 + 0,589 X..

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:41
Last Modified: 03 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16827

Actions (login required)

View Item View Item