Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs PAB 2 Sampali

Syafitri, Khoiriah (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs PAB 2 Sampali. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (4). ISSN 2775-2380

[img] Text
3. KHORIAH SYAHFITRI.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian berikut ini berjudul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs PAB 2 Sampali”, yang dilatarbelakangi yakni strategi kepala madrasah berpengaruh pada kinerja guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Dimana penelitian ini bertujuan agar mengetahui kinerja guru, mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru serta mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat kinerja guru. Penelitian berikut ini dilakukan di MTs PAB 2 Sampali dengan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi dan melibatkan kepala madrasah, tenaga pendidik serta pendidik. Hasil penelitin ini mengungkapkan tiga temuan yakni; (1) Kinerja Guru di MTs PAB 2 Sampali terbilang belum efektif dengan adanya guru yang terlambat datang ke sekolah, kurang matang untuk persiapan materi pelajaran pada peserta didik di kelas, adanya guru yang tidak termotivasi untuk peningktakan kinerjanya, kurang merespon keteladanan pimpinan serta supervisi, dan kurangnya sarana prasarana sekolah. (2) Strategi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MTS PAB 2 Sampali yakni dengan strategi menegakkan disiplin guru pada melakukan punishment serta reward, melakukan motivasi melalui komunikasi sharing yang terbuka, melakukan supervisi serta evaluasi, serta adanya pembinaan guru diakhir semester, dan melakukan strategi fasilitas untuk memenuhi fasilitas yang dibutuhkan guru serta peserta didik. (3) Faktor pendukung serta penghambat Kepala Madrasah agar memajukan kinerja guru di MTs PAB 2 Sampali yakni faktor pendukung diantaranya: finansial keuangan, program kepala madrasah terkait pembinaan, evaluasi serta solusi, komunikasi, lingkungan serta IPTEK. Kemudian adapun faktor penghambat yakni finansial keuangan yang tidak sesuai waktu, kurang matang persiapan materi pelajaran pada peserta didik di kelas, sarana dan prasarana, minat belajar peserta didik, serta terakhir perbedaan pendapat antar individu yang selisih paham.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:30
Last Modified: 03 Jan 2023 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item