Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di MTs Hidayatussalam Bandarkhalifah Kecamatan Percut Sei Tuan

Marpaung, Syafri Fadillah and Khairuddin, Khairuddin and Pradana, Deva (2022) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di MTs Hidayatussalam Bandarkhalifah Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (3). ISSN 2775-2372

[img] Text
2. DEVA PRADANA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan faktor penting dalam menyukseskan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang di upayakan seorang guru untuk menciptakan suasana dan situasi kelas yang kondusif dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat vital adanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya-upaya dalam manajemen kelas untuk mengoptimalkan sumber daya kelas dalam upaya menjaga bahkan meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa buku. Faktor yang mempengaruhi manajemen kelas antara lain: 1) guru; 2) peserta didik; 3) wali murid; 4) fasilitas. Dari ke empat faktor tersebut sangat menentukan terbentuknya manajemen kelas yang efektif. Indikator keberhasilan pengelolaan kelas sendiri antara lain: 1) terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, tertib, disiplin dan bergairah; 2) adanya hubungan yang baik antara siswa dan guru secara interpersonal.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:56
Last Modified: 03 Jan 2023 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item View Item