Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah

Lubis, Khairunnisa (2022) Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (1). pp. 894-901. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

[img] Text
2054-8297-1-PB.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, faktor pendukung dalam melaksanakan penelitian ini adalah guru, orang tua, dan pelatih ekstrakurikuler di Mis Nurul Iman. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjabarkan hasil temuan dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Mis Nurul Iman, Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mis Nurul Iman telah menerapkan pembentukan karakter disiplin siswa berbasis religius. Melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut siswa memperoleh kesempatan untuk mengetahui dasar-dasar karakter religius dan mengimplementasikannya secara nyata untuk membentuk kesiapan sosial oleh siswa di Mis Nurul Iman. Sekolah telah menerapkan berbagai strategi dalam pembentukan karakter religius siswa di Mis Nurul Iman, serta kegiatan ekstrakurikuler Da’I ini dapat membantu pembentukan karakter religius siswa dengan baik dan cepat. Kegiatan ekstrakurikuler di Mis Nurul Iman terbilang berhasil dalam membentuk karakter religius peserta didik karena Mis Nurul Iman menerapkan program-program yang sesuai dengan norma-norma agama Islam.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: karakter, religius
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:30
Last Modified: 30 Dec 2022 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item