Pengorganisasian Kelas Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan

Jannah, Miftahul and Nasution, Inom and Rustam, Rustam (2022) Pengorganisasian Kelas Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 2 (2). ISSN 2775-2364

[img] Text
5. MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berjudul ‘’Pengroganisasian Kelas Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan’’ yang dilatarbelakangi oleh ditemukan data bahwa pada pengorganisasian pembelajaran kurangnya kedisiplinan guru seperti terlambat masuk mengajar disebabkan jarak dari rumah ke sekolah yang jauh sehingga sering digantikan terlebih dahulu kepada guru piket. Kemudian pada kegiatan pembelajaran guru kerap melupakan untuk memberikan evaluasi atau kesimpulan dari materi yang disampaikan. Selanjutnya pada pengorganisasian peserta didik, pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran, masih terdapat siswa yang ribut di kelas sehingga membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif. Dan terakhir pada pengorganisasian sarana dan prasarana pembelajaran, ditemukan kurang memadainya media pembelajaran di kelas seperti alat peraga dan alat pelajaran lainnya untuk mendukung proses pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan Pengorganisasian Kelas Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Partisipan yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu merupakan pendidik Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap Pengorganisasian Kelas Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Berdasarkan temuan penelitian mengatakan kemampuan guru dalam mengorganisasi kelas di MTs Persiapan Negeri 4 Medan pada kelas 8-1, 8-2 dan 8-3 sudah menjalankan kegiatan pengorganisasian kelas seperti pengorganisasian kegiatan pembelajaran, pengorganisasian peserta didik secara efekif. Akan tetapi belum dapat tercapai secara optimal dikarenakan ada beberapa hal yang belum terlaksana seperti pada pengorganisasian media dan alat pembelajaran. Langkah-langkah yang dilakukan guru pada saat mengorganisasi kelas di MTs Persiapan Negeri 4 Medan pada kelas 8-1, 8-2 dan 8-3 sudah dilaksanakan dengan baik dan efektif seperti pada pengorganisasian kegiatan pembelajaran dan pengorganisasian peserta didik. Namun ada beberapa hal perbedaan cara yang dilakukan Wali kelas baik kelas 8-1, 8-2 dan 8-3 Seperti pada pengorganasasian kegiatan pembelajaran terdapat perbedaan cara mengenai penilaian terhadap tugas yang diberikan kepada murid.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:39
Last Modified: 29 Dec 2022 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item