Pengaruh Praktek Tabib atau Dukun Terhadap Kehidupan Beragama : Studi Kasus di Desa Jambur Pulau Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai

Syafitri, Yulia (2022) Pengaruh Praktek Tabib atau Dukun Terhadap Kehidupan Beragama : Studi Kasus di Desa Jambur Pulau Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover dan lainnya.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_merged.pdf

Download (748kB)

Abstract

Manusia pada dasarnya membutuhkan suatu bentuk kepercayaan kepada kekuatan ghaib. Dalam sejarah kepercayaan manusia telah tercatat dalam ribuan tahun berkembangnya sistem kepercayaan contohnya dinamisme dan animisme. Walaupun kepercayaan ini tidak sama dengan masyarakat dahulu. Di era modern dan teknologi maju saat ini, masyarakat Desa Jambur Pulau masih menjunjung tinggi budaya leluhur mereka, mereka mempercayai tabib atau dukun, bahwa tabib atau dukun adalah orang yang memiliki kemampuan supranatural yang pekerjaannya mengobati orang sakit secara tradisional, penyembuh dan penolong orang sakit, memberi jampi-jampi (mantra-mantra). Tabib atau dukun adalah sebuah alternatif dalam membantu sesamanya, mengatasi kesulitan, kebutuhannya serta keinginannya. Adapun tujuan penelitian ini ialah mengenai praktek tabib atau dukun dan bagaimana pengaruh praktek tabib atau dukun terhadap kehidupan beragama di desa Jambur pulau. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengamati secara langsung ke lapangan dengan mengambil lokasi di Desa Jambur Pulau. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan bahwa Pengaruh Praktek Tabib atau Dukun Terhadap Kehidupan Beragama munculnya keyakinan pada masyarakat terhadap tabib atau dukun bahwa praktek tabib atau dukun harus dilestarikan karena biayanya murah, masyarakat yang kurang mampu akan terbantu dan sembuh setelah berobat ke tabib atau dukun. Terjadinya kebiasaan mendatangi tabib atau dukun dari pada ke dokter. Karena rata-rata pasien yang mendatangi tabib atau dukun mendapat kesembuhan. Jadi mereka akan ketagihan dengan kehebatan sang tabib atau dukun tersebut. Hal tersebut dapat berpengaruh pada akidah masyarakat karena terlalu mempercayai manusia dari pada takdir Tuhan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Dec 2022 09:00
Last Modified: 26 Dec 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16746

Actions (login required)

View Item View Item