Adha, Asneni and Syafaruddin, Syafaruddin and Wahyuni, Sri (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMP IT Al Hijrah 2 Laut Dendang Kab. Deli Serdang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (3). ISSN 2775-2380
Text
4. ASNENI ADHA.pdf Download (444kB) |
Abstract
Karakter merupakan pendidikan yang harus ditanamkan dalam diri setiap anak, karena anak merupakan generasi penerus bangsa. Maka dari itu pendidikan karakter menjadi penting bagi sekolah ataupun lembaga pendidikan. Maka dalam membangun karakter disekolah kunci utamanya yang harus dilakukan adalah dengan menggunanakan manajemen pendidikan karakter yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Artinya penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data dan informasi secara langsung tentang manajemen pendidikan karakter dengan mendatangi lokasi secara langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMPS IT Al Hijrah 2 Laut Dendang, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang penyajian data dengan deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter yang terdiri dari (a) perencanaan pendidikan karakter, (b) pengorganisasian pendidikan karakter, (c) pelaksanaan pendidikan karakter dan (d) pengawasan pendidikan karakter di SMPS IT Al Hijrah 2 Laut Dendang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pelaksanaan manajemen pendidikan karakter diintegrasikan dalam kegiatan sekolah, yaitu kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:44 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16734 |
Actions (login required)
View Item |