Kurikulum dan metode pendidikan Islam menurut Ibn Khaldun

Nuruzzahri, Nuruzzahri (2013) Kurikulum dan metode pendidikan Islam menurut Ibn Khaldun. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Nuruzzahri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum pendidikan dengan seperangkat materi dan bahan ajar yang disusun secara baik, tentu tidak akan bisa berjalan secara maksimal tanpa didukung oleh metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran, oleh karena itu kebaikan materi harus ditopang oleh kebaikan metode juga agar tujuan pendidikan bisa tercapai sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam bagaimana konsep Ibn Khaldun tentang kurikulum dan motode pembelajaran yang bisa dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam konteks pendidikan sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian Library Reasearch (penelitian kepustakaan), Untuk memperoleh data yang akurat dengan validitas yang tinggi, maka penulis menggunakan sumber data yang primer sebagai landasan utama dalam rujukan serta didukung oleh sumber data yang sekunder. Adapun kajian dalam penelitian ini menggunakan metode studi tokoh, yaitu pengkajian secara sistematis terhadap pemikiran/gagasan seorang pemikir muslim, keseluruhannya atau sebagiannya. Adapun tokoh yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seorang cindekiawan muslim abad pertengahan yang bernama Ibn Khaldun dengan Mukaddimah sebagai karyanya yang fenomenal. Penelitian ini berfokus pada titik pemikiran seorang tokoh Ibn Khaldun dengan menitikberatkan pada persoalan pendidikan Islam, khususnya masalah kurikulum dan metode pembelajaran.Berdasarakan latar belakang sebelumnya maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut, yaitu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Pendidikan Ibn Khaldun, konsep Ibn Khaldun tentang kurikulum Pendidikan Islam, dan metode mengajar dalam pendidikan Islam Menurut Ibn Khaldun. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa model kurikulum Ibn Khaldun terbatas pada maklumat-maklumat dan pengetahuan yang dikemukakan oleh guru atau sekolah dalam bentuk mata pelajaran yang terbatas atau dalam bentuk kitab-kitab tradisional.Namun beliau sangat mengutamakan Al-Qur’an dan al-Hadist sebagai sumber Pokok untuk mendapat pengetahuan yang lain dalam perancangan kurikulum. Dalam hal mengajar ilmu Ibn Khaldun menghimbau kepada pendidik untuk menggunakan metode yang cocok dan sesuai dengan kemampuan anak didik dan senantiasa jangan berlaku kasar dalam mengajar agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 May 2017 07:47
Last Modified: 31 May 2017 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item