Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan

Nurfidha, Mauzzi and Siahaan, Amiruddin and Marpaung, Syafri Fadillah (2022) Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (3). ISSN 2775-2380

[img] Text
1. MAUZI NURFIDHA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Disiplin Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan” yang dilatarbelakangi bahwa pembentukan karakter diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh sekolah dan stakeholders-nya untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah. Karena pada dasarnya bertujuan untuk mendorong lahirnya anak-anak yang baik (Insan Kamil). Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik tentu akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmen benar dan memiliki tujuan hidup. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter serta upaya dalam mengatasi faktor penghambat tersebut dalam pembentukan disiplin peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Perencanaan manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan disiplin peserta didik di SMP Islam Terpadu Ad-Durrah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan sudah sesuai dengan pedoman pemerintah, yang meliputi proses penentuan tujuan, penyusunan program kegiatan dan proses penerapan nilai karakter oleh peserta didik, (2) Pelaksanaan ini dilakukan lebih ke bagaimana atau sejauh mana karakter kedisiplinan ini sudah diterapkan, (3) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan disiplin peserta didik diantaranya guru, orangtua, teman dan lingkungan masyarakat nya, (4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat adalah dengan memberikan efek jera kepada peserta didik bagi yang melakukan pelanggaran.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:58
Last Modified: 23 Dec 2022 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16714

Actions (login required)

View Item View Item