Program studi pendidikan agama Islam (PAI) dengan judul: “Implementasi pendidikan sumang dalam pembinaan karakter sswa MTsN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah

Sabariah, Sabariah (2014) Program studi pendidikan agama Islam (PAI) dengan judul: “Implementasi pendidikan sumang dalam pembinaan karakter sswa MTsN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS AN. SABARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem Pendidikan Sumang dalam upaya pembinaan karakter siswa MTsN Pegasing, apa saja metodenya, dan apa faktor-faktor yang menghambat serta mendukung sistem pendidikan sumang ini. Kegunaannya adalah memberikan kontribusi pemikiran bagi pemerintah daerah, dinas pendidikan, pengelola pendidikan/madrasah dalam menata sistem pendidikan yang lebih baik, maju, dan bermartabat, serta memberi informasi lebih luas bagi masyarakat mengenai Pendidikan Sumang. Penelitian tesis ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data. Penarikan kesimpulan penelitian ini dilakukan secara ekstrapolasi yang bersifat variatif atas dasar keterandalan hasil temuan penelitian. Sedangkan teknik penjaminan keabsahan data, dilakukan secara kridibilitas, transferabilitas, dan konfirmabiltas. Hasil penelitian ini banyak menginformasikan hal-hal sebagai berikut, yaitu; (1). Pendidikan Sumang bagian intergal dari mata pelajaran Muatan Lokal di MTsN Pegasing, berorintasi kepada pembinaan karakter siswa atau akhlak al-karimah, membentuk pergaulan hidup bersama berlandaskan ajaran Islam dan adat-istiadat Gayo. (2). Kurikulum Pendidikan Sumang disusun dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi lulusan berdasarkan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) (3). Pelaksanaan Kurikulum Mulok Pendidikan Sumang di MTsN Pegasing diterapkan oleh guru-guru dengan berpedoman kepada silabus mata pelajaran Pendidikan Sumang sesuai kebutuhan para pengguna lulusan dan otonomi daerah. (4). Metode penerapan Pendidikan Sumang ini dilakukan oleh guru-guru dengan menanamkan tauhid, tazkiyat al-Anfus, tau¡iyah, berpuasa, keteladanan, pengajaran yang baik, (5). MTsN Pengasing yang telah menerapakan Pendidikan Sumang kelihatan siswanya lebih berkarater mulia, cerdas, kondusif, efektif dan efesien daripada madrasah yang belum menerapkannya, (6). Faktor pendukung Pendidikan Sumang adalah keterlibatan semua pihak yang terkait dengan Pendidikan Sumang. Peran kepala, wakil kepala, guru dan orang tua sangat menentukan dalam pembinaan karakter siswa, yakni; mewujudkan siswa dan siswi menjadi insan kamil, mengatasi semua hambatan dan mendukung setiap keberhasilan mereka.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 31 May 2017 04:39
Last Modified: 31 May 2017 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item