Perilaku Pergaulan Bebas Remaja Muslim Dan Non Muslim (Pandangan Tokoh-Tokoh Agama di Kecamatan Penanggalan Kota Suulussalam Aceh)

Mahendra, Yusril (2022) Perilaku Pergaulan Bebas Remaja Muslim Dan Non Muslim (Pandangan Tokoh-Tokoh Agama di Kecamatan Penanggalan Kota Suulussalam Aceh). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER YUSRIL MAHENDRA.pdf

Download (502kB)
[img] Text
WATERMARK SKRIPSI YUSRIL MAHENDRA BAB 1.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB 2 YUSRIL MAHENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB 3 YUSRIL MAHENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB 4 YUSRIL MAHENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB 5 YUSRIL MAHENDRA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUSRIL MAHENDRA.pdf

Download (683kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitan ini adalah bentuk perilaku pergulan bebas yang ada dimasyarakat Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam Aceh yang dimana bentuk perilaku pergaulan bebas remaja ialah: Penyalahgunaan Narkoba (Narkotika), Perkelahian Antar Pelajar (Tawuran), Minuman keras (Miras) dan Perilaku Seks di Luar Nikah (Perzinahan). Metodologi yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu berdasarkan pengalaman dan lapangan dengan menggunakan tehnik pengumpulan data . Penelitian ini juga menggunakan metode pendekatan fenomenologi, yang di mana metode pendekatan fenomenologi ini merupakan salah satu pendekatan yang berupaya untuk menangkap berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Serta literatur pendukung dalam penelitian ini juga menggunakan buku-buku, jurnal, ataupun lainya yang sesuai dengan judul. Hasil penelitian menujukkan bahwa tokoh-tokoh Agama mengenai perilaku pergaulan bebas remaja Muslim dan Kristen di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam : Dalam Islam dinyatakan secara tegas bahwa pergaulan bebas sangat dilarang dan tidak dibenarkan, begitu juga sebaliknya didalam ajaran Agama Kristen juga melarang tentang pergaulan bebas. Namun remaja Muslim dan Non Muslim (Kristen) di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam masih banyak yang melanggar aturan-aturan yang terdapat didalam Agama masing- masing. Diantara faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas remaja Muslim dan Kristen di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam adalah aqidah yang berkurang dan minimnya pengetahuan tentang ajaran agama, pergaulan (lingkungan) dan pengaruh dari media (internet). Adapun solusi untuk mengurangi perilaku pergaulan bebas remaja Muslim dan Kristen secara umum adalah bimbingan dari orang tua, dan peran pemerintah setempat dengan sering mengadakan kegitan sosial dan kegiatan yang bernuansakan agama, agar perilaku pergaulan bebas remaja bisa dikendalikan agar tidak dapat berkembang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 13:08
Last Modified: 16 Dec 2022 13:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16627

Actions (login required)

View Item View Item