Peran Majelis Ta'lim Darusshofa dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur Kota Medan

Rangkuti, Risa Mahzura (2022) Peran Majelis Ta'lim Darusshofa dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RISA MAHZURA.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB I RISA MAHZURA.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB II RISA MAHZURA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III RISA MAHZURA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV RISA MAHZURA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V RISA MAHZURA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RISA MAHZURA.pdf

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena majelis-majelis taklim yang berkembang di Indonesia terkhusus Kota Medan di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, cukup banyak Majelis Ta’lim yang tersebar di Indonesia Khususnya di kota Medan. Seperti Majelis Ta’lim Darusshofa Kelurahan Pulo Brayan Bengkel tersebut. Yang menjadi Majelis Ta'lim yang popular di kalangan masyarakat Pulo Brayan Bengkel sehingga Majelis Ta’lim ini memiliki banyak pengikut atau Jamaah ± 14 ribu jamaah. Sehingga penulis ingin mengamati proses yang dilakukan Majelis Ta'lim Darusshofa dalam meningkatkan perilaku keagamaan di masyarakat Pulo Brayan Bengkel. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, yang berorientasi pada penelitian lapangan dengan pendekatan Antropologi yang menggunakan teori fungsionalisme. Sumber data dihasilkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui bagaimana peran majelis ta'lim Darusshofa dalam meningkatkan perilaku keagamaan di kelurahan Pulo Brayan Bengkel dan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kegiatan majelis ta'lim Darusshofa dalam meningkatkan perilaku keagamaan di kelurahan Pulo Brayan Bengkel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan memperoleh temuan yang dapat disimpulkan dalam hal ini adalah pertama, Majelis Ta'lim Darusshofa berperan di masyarakat Pulo Brayan Bengkel sangat signifikan yaitu menjadikan Majelis sebagai wadah pembinaan terhadap pemahaman agama yang meliputi keagamaan dari segi perilaku, ibadah, akhlak, maupun kegiatan sosial yang melibatkan anak remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, yang muda maupun yang sudah tua. Kedua, Majelis Ta'lim Darusshofa dapat diterima dengan baik di masyarakat Pulo Brayan Bengkel karena keramah tamahan mereka yang berbagai macam kegiatan bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat dan juga mendakwahkan Islam kepada masyarakat setempat. Ketiga, bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan yaitu Jalsah Istnain, Hadrah Basaudan, kajian-kajian rutin, kunjungan-kunjungan ke pesantren/sekolah, kegiatan sosial dan lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Majelis Ta'lim Darusshofa, Perilaku, Keagamaan, Ibadah
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:22
Last Modified: 12 Dec 2022 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item