Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Orang Tua Terhadap Kuantitas Anak Putus Sekolah Di Desa Tanjung Gusti Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang

Nasution, Nurhaida (2022) Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Orang Tua Terhadap Kuantitas Anak Putus Sekolah Di Desa Tanjung Gusti Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi PAI (Nurhaida Nasution).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Skripsi (Nurhaida Nasution).pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB II Skripsi (Nurhaida Nasution).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III Skripsi (Nurhaida Nasution).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi (Nurhaida Nasution).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V Skripsi (Nurhaida Nasution).pdf

Download (451kB)
[img] Text
Daftar Pustaka + Lampiran (Nurhaida Nasution).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Orang Tua Terhadap Kuantitas Anak Putus Sekolah di Desa Tanjung Gusti Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang”, yang dilatar belakangi oleh belum terealisasikan dengan baik upaya Negara Indonesia dalam mewujudkan wajib belajar selama 12 tahun pada anak. Belum meratanya program tersebut dan masih terdapat wilayah-wilayah tertentu yang mengharuskan beberapa dari anak untuk putus sekolah khususnya Desa Tanjung Gusti. Metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan untuk melihat peristiwa yang telah terjadi kemudian meneliti kembali untuk menemukan penyebab dari persitiwa tersebut. Populasi dalam penelitian ialah orang tua yang beragama Islam dan memiliki anak yang putus sekolah. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data berupa angket dan dokumentasi. Alat pengolah validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dalam SPSS Versi 20. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) tingkat pendidikan agama orang tua di Desa Tanjung Gusti dikatakan masih dalam kategori sedang, yaitu rata-rata tamat MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan MTs (Madrasah Tsanawiyah. (2) adapun jumlah anak yang mengalami putus sekolah di Desa Tanjung Gusti sebanyak 80 anak, diantaranya putus sekolah pada tingkat SMP/MTs sebanyak 25 anak dan putus sekolah pada tingkat SMA/MA sebanyak 55 anak. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan agama orang tua terhadap kuantitas anak putus sekolah di Desa Tanjung Gusti Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang dengan taraf signifikan 0,004 < 0,005.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan agama orang tua, anak putus sekolah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Dec 2022 05:12
Last Modified: 08 Dec 2022 05:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item View Item