Corak Ghinâ’ dalam Membaca Alquran (Studi Historis terhadap Perkembangan Variasi Lagu Alquran Syaikh al-Qurrâ’ Azra’i Abdurrauf)

Tanjung, Hadi Gunawan (2020) Corak Ghinâ’ dalam Membaca Alquran (Studi Historis terhadap Perkembangan Variasi Lagu Alquran Syaikh al-Qurrâ’ Azra’i Abdurrauf). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Syekh Azra’i Abdurrauf merupakan Syaikh al-Qurrâ’ dari Sumatera Utara yang menguasai ilmu-ilmu Alquran seperti tajwîd, fashâhah, tafsir, qirâ’at dan ghinâ’ Alquran. Namun, ketokohan dan peranannya tidak terlihat di dalam catatan sejarah dan cenderung akan menghilang seiring wafatnya. Oleh karena itu, penulis menganggap penting untuk menuliskan sebuah penelitian dengan judul “Corak Ghinâ’ dalam Membaca Alquran (Studi Historis terhadap Perkembangan Variasi Lagu Alquran Syaikh al-Qurrâ’ Azra’i Abdurrauf).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui corak ghinâ’ (lagu) Alquran Syekh Azra’i Abdurrauf, kemudian untuk mengetahui peran dan kiprah Syekh Azra’i Abdurrauf dalam perkembangan Alquran di Sumatera Utara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian “Living Qur’ân” dengan pendekatan sosiologi dan fenomenologi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa corak ghinâ’ (lagu) Alquran yang diterapkan oleh Syekh Azra’i Abdurrauf adalah dengan lûhûn al-‘Arabî, perpaduan antara corak ghinâ’ (lagu) Alquran Makkawî (Mekkah) dan Mishrî (Mesir). Adapun peran Syekh Azra’i Abdurrauf dalam perkembangan Alquran di Sumatera Utara adalah beliau dikenal sebagai seorang Syaikh al-Qurrâ yang ahli dalam segala bidang ‘ulûm al-Qur’ân. Sedangkan kiprah Syekh Azra’i Abdurrauf dalam perkembangan Alquran di Sumatera Utara adalah mengajarkan Alquran di berbagai tempat, menjadi peserta, pelatih, penatar Dewan Hakim, sebagai Dewan Hakim MTQ tingkat Nasional maupun Internasional serta menulis kitab tafsir dan beberapa makalah seputar Alquran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: corak, ghinâ’, variasi, Syekh Azra’i Abdurrauf.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2X1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2X1.122 Macam-macam qiraat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:04
Last Modified: 02 Dec 2022 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16422

Actions (login required)

View Item View Item