Pendidikan Akhlak Dalam Alquran (Telaah Kisah Nabi Nūḥ)

Hasibuan, Marroan Rajoki (2021) Pendidikan Akhlak Dalam Alquran (Telaah Kisah Nabi Nūḥ). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS MARROAN RAJOKI VERSI PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah Nabi Nu>h}, metode pendidikan akhlak pada kisah Nabi Nu>h}, dan relevansi pendidikan akhlak pada kisah Nabi Nu>h} dengan pendidikan masa kini. Hal tersebut diharapkan akan tercapai setelah melalui proses analisis secara kritis mengenai pendidikan akhlak yang tercermin dari kisah Nabi Nu>h} yang terdapat dalam Alquran. Penelitian ini menggunakan metode tafsir tematik Abd Hayy al-Farma>wi> dengan mengambil beberapa langkah yang sudah dibatasi sesuai dengan kebutuhan penelitian ini, yaitu: menetapkan masalah yang akan dibahas, menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah, menyusun pembahasan dalam kerangka yang sempurna, melengkapi pembahasan dengan hadis-hadis yang relevan dengan pokok pembahasan, dan mempelajari ayat-ayat tersebut secara keseluruhan. Penelitian ini memperoleh beberapa temuan khusus yang menjadi kesimpulan utama yaitu beberapa nilai-nilai pendidikan akhlak pada kisah Nabi Nu>h}. Beberapa nilai akhlak terpuji yang tercermin dari sosok pribadi Nabi Nu>h} yang seharusnya diteladani untuk dimiliki sebagai pribadi baik sebagai pendidik maupun peserta didik agar menjadi muslim sejati adalah ihsan, tawakal, ikhlas, sabar, syukur dan banyak berdoa. Selanjutnya, terdapat beberapa nilai akhlak tercela yang berbahaya dan wajib dihindari agar tidak menjadi kepribadian diri tercermin dari kepribadian kaum Nabi Nu>h} yaitu menjadi seorang pendusta, zalim, sombong, fasik, durhaka, melakukan tipu daya, suka menghina, dan menentang perintah Allah dan Rasulullah. Selanjutnya, peneliti juga memperoleh beberapa metode pendidikan akhlak pada kisah Nabi Nu>h} yaitu metode ceramah, metode tahdzir (metode peringatan), metode nasihat, metode targhi>b wa tarhi>b (metode motivasi dan intimidasi), metode ja>dal (metode debat), dan metode qudwah (metode keteladanan). Selanjutnya, Peneliti menyimpulkan bahwa pendidikan akhlak pada kisah Nabi Nu>h} pastinya sangat relevan dan penting diaktualisasikan dengan lebih maksimal dan konsekuen oleh setiap muslim khususnya pada pendidikan masa kini

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.6 Cerita, kisah dari Al Quran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:22
Last Modified: 02 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16417

Actions (login required)

View Item View Item