Modernitas dan Pengaruhnya Bagi Akidah Remaja (Studi Kasus di Desa Ladang Tengah Kecamatan Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah)

Tanjung, Chufriani (2022) Modernitas dan Pengaruhnya Bagi Akidah Remaja (Studi Kasus di Desa Ladang Tengah Kecamatan Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER CHUF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I CHUF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II CHU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III TANJUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV CHUF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Chuf.pdf

Download (662kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CHUF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Modernitas merupakan gejala sosial yang terjadi di masyarakat dunia, maupun Indonesia, ditandai dengan munculnya paradigma baru yang cenderung semakin pragmatis dan materialistis yang mengubah standar hidup kulturan dan religious menjadi gaya hidup yang praktis dan rasionalis. Hal tersebut berpengaruh dari segala bidang, tidak terkecuali pada pemahaman remaja di Desa Ladang Tengah terhadap akidahnya. Salah satunya yang mengakibatkan keimanan dan ibadah mereka belum maksimal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dan penelitian kepustakaan (library Research) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan mengenai fakta yang terjadi di lapangan dan mengunakan kepustakaan (literature). Sumber data dari para remaja di Desa Ladang Tengah. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modernitas dan pengaruhnya bagi akidah remaja di Desa Ladang Tengah Kecamatan Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah, yang dianalisis melalui studi kasus. Temuan penelitian ini adalah ternyata modernitas sangat berpengaruh bagi pemahaman remaja terhadap akidah yang meliputi tentang keimanan dan ibadah para remaja kepada Allah Swt, pengaruh tersebut terlihat dari melemahnya iman dan ibadah disebabkan oleh keilmuan agama Islam sudah tidak lagi menjadi prioritas utama sehingga terjadi pendangkalan akidah dan juga lemahnya pemahaman akidah mereka. Ditambah lagi orang tua juga tidak menanamkan ilmu agama dan kurangnya pengawasan pada anak remaja sehingga terjadi kelalaian terhadap kewajiban yaitu melakukan sholat lima waktu, memudarnya kebiasaan mengaji sesudah maghrib yang seharusnya dilakukan mereka sebelum mengenal teknologi pada saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modernitas, Akidah, Remaja
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:08
Last Modified: 25 Nov 2022 05:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16372

Actions (login required)

View Item View Item