Zodiak dalam Perspektif Alquran (Studi Penafsiran Muhammad Quraish Shihab Terhadap QS. An-Naml/27:65 Dalam Tafsir Al-Misbah)

Syahputra, Robby (2022) Zodiak dalam Perspektif Alquran (Studi Penafsiran Muhammad Quraish Shihab Terhadap QS. An-Naml/27:65 Dalam Tafsir Al-Misbah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Zodiak merupakan salah satu fenomena sudah banyak berkembang dikalangan masyarakat, zodiak merupakan ramalan bintang yang dikaitkan dengan masa depan seseorang, berdasarkan bentuk bintang-bintang yang telah dirumuskan didalam bintang-bintang yang ada didalam zodiak. Pengaruh ini sangat besar bagi masyarakat sehingga mereka sangat meyakini hal itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan Alquran terhadap zodiak ini, dengan merujuk penafsiran Muhammad Quraish Shihab terhadap QS. An-Naml/27:65. Jenis penelitian ini tergolong kepada kualitatif deskriptif. Dan dalam penelitian ini, penulis menggunakan library research atau biasa disebut dengan penelitian pustaka. Adapun dalam metode penafsiran terkait ayat yang dianalisis, penulis menggunakan metode tahlili. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Alquran menegaskan tidak ada satu pun yang mngetahui hal ghaib kecuali Allah swt, yang terdapat dalam QS. An-Naml/27:65. dari penafsiran Muhammad Quraish Shihab mengutip daripada pendapat sahabat-sahabat rasulullah saw dan ulama-ulama tafsir terdahulu memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai penunjuk arah, kemudian sebagai penghias langit dan pelempar syaita kemudian zodiak atau ramalan bintang tergolong pada ghaib mutlak. dari ke tiga fungsi bintang tersebut jelas bahwa bintang bukan termasuk ramalan-ramalan yang sekarang beredar luas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:53
Last Modified: 21 Nov 2022 07:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item