Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa dan Rara Sebagai Alternatif Media Pembelajaran PAI di SMP Istiqlal Delitua Medan

Dina, Sarah (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa dan Rara Sebagai Alternatif Media Pembelajaran PAI di SMP Istiqlal Delitua Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Sarah Dina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Sarah Dina.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II Sarah Dina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB III Sarah Dina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV Sarah Dina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V Sarah Dina.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Sarah Dina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara karya Aditya dan mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam melalui film animasi Nussa dan Rara sebagai alternatif media pembelajaran PAI di SMP Istiqlal Delitua Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan content analysis. Subjek penelitiannya yaitu Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Istiqlal Delitua Medan dan informasinya adalah Kepala Sekolah SMP Istiqlal Delitua Medan dan Siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa nilai- nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro meliputi: 1. Konsep tauhid, 2. Konsep Ibadah, 3. Konsep akhlak. Dalam penelitian ini guru juga mempunyai beberapa strategi dalam mengimplementasikan nilai-nilai PAI melalui film animasi Nussa dan Rara yakni seperti strategi pembiasaan, keteladanan, dan strategi pemberian tugas, serta active learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan, Islam, Film, Media
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:15
Last Modified: 21 Nov 2022 06:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item