Penerapan Metode Contrast Limitied Adaptive Histogram Equalization (CLAHE) Dan Gaussian Filter Untuk Peningkatan Kualitas Citra Pada Closed Circuit Television (CCTV)

Muliani, Nurul Hadi (2021) Penerapan Metode Contrast Limitied Adaptive Histogram Equalization (CLAHE) Dan Gaussian Filter Untuk Peningkatan Kualitas Citra Pada Closed Circuit Television (CCTV). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN.pdf

Download (228kB)

Abstract

Hasil rekaman video dari kamera CCTV tergantung dari fasilitas kualitas CCTV itu sendiri, ada yang bisa menangkap hasil dari ruang gelap atau sebaliknya. Apabila ruangan tersebut banyak cahaya maka hasil rekaman CCTV kelihatan bagus, apabila ruangan tersebut kurang cahaya maka hasil kamera CCTV hanya tampak objek yang terdapat cahaya, sehingga ada beberapa sisi objek yang kelihatan gelap dan hasil objek yang terekam tidak maksimal. Sehingga untuk meminalisir tangkapan CCTV yang gelap, dibutuhkanya sebuah sistem yang dapat meningkatkan kualitas CCTV terutama pada CCTV hasil screenshoot. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas citra CCTV adalah metode CLAHE dan Gaussian Filter. Metode CLAHE digunakan untuk menaikkan kontras CCTV yang gelap dengan batasan cliplimit, sehingga kontras tetap stabil, sedangkan metode Gaussian Filter digunakan untuk menghilangkan noise citra CCTV hasil dari CLAHE. Berdasarkan dari pengujian CLAHE mampu menaikkan kontras CCTV dengan batasan cliplimit histogram, dan Gaussian Filter berhasil menghilangkan noise citra CCTV dengan tetap mempertahankan kualitas citra CCTV hasil CLAHE, hal ini berdasarkan dari nilai MSE yang mendekati 0 (nol).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, CCTV, Citra, CLAHE, Gaussian Filter
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:44
Last Modified: 21 Nov 2022 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16330

Actions (login required)

View Item View Item