Strategi Penerapan Sistem Automasi Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat

Mafriza, Aulia (2021) Strategi Penerapan Sistem Automasi Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Strategi Penerapan Sistem Automasi Berbasis Senayan Library Management System (Slims) pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat”, dimana inti permasalahan penelitian ini adalah bagaimana perpustakan membuat rancangan atau strategi untuk dapat mengoptimalkan penerapan sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS terhadap layanan dan kegiatan di Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat dan kendala apa saja yang mereka hadapi dalam menjalankan strategi mengoptimalkan penerapan sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS di Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif yaitu menggambarkan dan mendeskripsikan data dan menganalisis data yang diperoleh dari lapangan agar data dan informasi didapat secara real tanpa adanya rekayasa semata. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dimana terdiri dari kepala perpustakaan, staff perpustakaan, dan mahasiswa PKL dari UINSU. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem automasi berbasis SLiMS di perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat sudah dijalankan di beberapa kegiatan seperti pengolahan bahan pustaka, layanan OPAC, dan layanan sirkulasi, namun penerapan tersebut ternyata kurang begitu optimal dan lancar, sehingga perpustakaan merencanakan strategi untuk bisa mengoptimalkan sistem SLiMS di perpustakan seperti strategi mencari pustakawan, pelatihan staff, dan peningkatan anggaran untuk fasilitas. Adapun kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi mengoptimalkan penerapan sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS di Perpustakaan SMK Negeri 1 Stabat yaitu jaringan internet yang lemah dalam pelatihan staff, lokasi atau ruangan yang kurang, serta SDM yang belum sepenuhnya mengusai sistem automasi SLiMS di kegiatan dan layanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Library Automation System, SLIMS.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:50
Last Modified: 14 Nov 2022 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item