Penerapan pembelajaran kontesktual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V MISS Ikhwanul Muslimin Desa Bandar Klippa Tembung

Luciana, Luciana (2014) Penerapan pembelajaran kontesktual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V MISS Ikhwanul Muslimin Desa Bandar Klippa Tembung. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Luciana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan penerapan pembelajaran kontekstual. (2) hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual (3) peningkatan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kontekstual (4) aktivitas mengajar guru melalui penerapan pembelajaran kontekstual (5) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas V MIS Ikhwanul Muslimin pada materi membiasakan akhlak terpuji. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Ikhwanul Muslimin Tembung Desa Bandar Klippa Tahun Ajaran 2013- 2014 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebelum tindakan dengan penerapan kontekstual hasil belajar siswa diperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 43,33 %. 2) setelah tindakan pada siklus I hasil belajar mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 93,33%. 3) terjadinya peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan 43,33% menjadi 66,67% pada siklus I dan 93,33% pada siklus II. 4) terjadinya peningkatan aktivitas pendidik dalam melaksanakan penerapan pembelajaran kontekstual pada siklus I, dalam kategori baik, dan pada siklus II dalam kategori sangat baik. 5) terjadinya peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kontekstual pada siklus I, dalam kategori baik, sedangakan pada siklus II dalam kategori sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 24 May 2017 06:12
Last Modified: 24 May 2017 06:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item