Nasution, Rian Abdillah and Khairuna, Khairuna (2022) Kombinasi CRI (Certainty of Response Index) dan Tes Pilihan Berganda dalam Menguji Tingkat Miskonsepsi Siswa Pada Materi Biologi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 373-385. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
ArtikelJurnal_RianAbdillahNasution.pdf Download (1MB) |
Abstract
Miskonsepsi adalah kesalahan dalam pemahaman akan suatu konsep. Dimana miskonsepsi ini menunjukkan adanya perbedaan makna yang dipahami siswa terhadap suatu konsep yang berbeda dengan konsep ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat miskonsepsi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MAN Pematangsiantar yang dilakukan pada 13-21 April. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan tes diagnostik berupa tes pilihan berganda dengan kombinasi Certainty of Response Index dan wawancara menjadi instrumen penelitian dengan menguji ke 92 siswa sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini di ketahui bahwa pada materi sistem reproduksi paham konsep pada siswa sebesar 54,3%, untuk miskonsepsi sebesar 33,9% dan untuk tidak paham konsep sebesar 11,9%. Paham konsep tertinggi yaitu pada materi Kelainan Sistem reproduksi yaitu sebesar 94,5%, miskonsepsi tertinggi yaitu pada materi Kelainan Sistem Reproduksi 80,4%, tidak paham konsep tertinggi yaitu pada materi hormon pada menstruasi sebesar 25%. Miskonsepsi yang terjadi akibat beberapa hal seperti kurangnya durasi belajar, minat siswa yang kurang, media dan bahan ajar yang membosankan, kebiasaan belajar yang tidak baik. Hal tersebut merupakan penyebab miskonsepsi di MAN Pematangsiantar sehingga rata-rata secara keseluruhan sebesar 33,9% yang masuk dalam kategori miskonsepsi sedang.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CRI, Miskonsepsi, Paham Konsep, Sistem Reproduksi Manusia, Tidak Paham Konsep |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 05:30 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 05:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16204 |
Actions (login required)
View Item |