Pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga remaja putus sekolah (Studi terhadap keluarga Etnis Banten di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan)

Ernita, Ernita (2016) Pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga remaja putus sekolah (Studi terhadap keluarga Etnis Banten di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan). Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI TESIS.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil keluarga remaja putus sekolah di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan, untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga remaja putus sekolah di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada remaja putus sekolah di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menjelaskan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata tertulis. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode deskriptif analitik, maksudnya menggambarkan hasil penelitian apa adanya yang disertai dengan analisis. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian difokuskan pada sepuluh keluarga remaja putus sekolah yang lokasi penelitian di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa profil keluarga remaja putus sekolah dari segi rumah yang ditempati adalah cukup sederhana, tingkat ekonomi keluarga kurang mampu, tingkat pendidikan orang tua rendah dan lingkungan di kelurahan indra kasih kurang mendukung sebab di kelurahan ini banyak ditemukan judi, narkoba, pergaulan bebas, merokok dan munum-munuman keras. Pola pelaksanaan pendidikan agama Islam pada remaja putus sekolah yaitu: 1.Pendidikan agama dalam lingkup keluarga yang diantaranya, pendidikan akhlak (sopan santun), pendidikan thaharah (bersuci) dalam keluarga, pendidikan shalat, pendidikan puasa Ramadan, mengaji Alquran usai shalat Magrib di mesjid, pendidikan karakter, 2. Pendidikan agama di masyarakat yang diantaranya: pengajian agama di mesjid, pengajian wirid yasin dari rumah kerumah anggota, peringatan hari-hari besar Islam, pendidikan konseling remaja, 3. Pendidikan pengendalian sosial oleh pemimpin yang diantaranya: kontrol sosial, mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan mesjid dan selokan (paret), himbauan atau ajakan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, mengadakan pengajian agama di seluruh mesjid di Kelurahan indra Kasih. dan adapun kendala- kendala pelaksanaan pendidikan agama pada keluarga remaja putus sekolah di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan yaitu: rendahnya pendidikan agama kedua orang tua, remaja putus sekolah hilang panutan dalam keluarga karna kasus cerai ayah dan ibu, ayah atau meninggal dunia, kesibukan ayah dan ibu mencari nafkah, kesadaran anak minim, ekonomi keluarga, dan adapun faktor eksternal yaitu: pengaruh lingkungan, pengaruh budaya ingin bebas, tayangan media yang kurang mendidik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 24 May 2017 03:48
Last Modified: 24 May 2017 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item