Manajemen kurikulum PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Barat Kecamatan Medan Barat

Maulidayani, Maulidayani (2017) Manajemen kurikulum PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Barat Kecamatan Medan Barat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
0 Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bhs Arab dan Inggris MAULIDAYANI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar dan Sistematika Penulisan.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I Manajemen Kurikulum PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Barat.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB IV.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang Manajemen Kurikulum PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Barat Kecamatan Medan Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,yaitu penelitian yang berusaha memberikan gambaran suatu kondisi, sifat, karakteristik, dari suatu fenomena atau obyek penelitian, atau hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau suatu keadaan. Pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkanfenomena realitas sosial yang ada, dengan data yang ditemukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahaan data berupa: kredibilitas dengan melakukan pengamatan, keteralihan dengan melakukan uraian data yang telah diteliti, ketergantungan dengan teknik memeriksa, menganalisis dan mengkonfirmasi pada data yang diteliti, dan ketegasan untuk mengklasifikasikan data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan perencanaan kurikulum PAI di MIN Medan Barat dilaksanakan dalam kegiatan rapat tahunan yang membahas tentang program madrasah dalam jangka satu tahun yang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada tim pertama dan tim kedua. Dasar pelaksanaan perencanaan kurikulum PAI adalah visi dan misi madrasah. (2) Pengorganisasian kurikulum PAI di MIN Medan Barat terbagi dua, yaitu pada tingkat struktural dan tingkat kelas dengan mengikuti standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Pengorganisasian kurikulum PAI dilakukan dengan mengintegrasikan seluruh komponen kurikulum PAI dengan memfokuskan pada visi dan misi madrasah. Semua komponen kurikulum PAI diorganisir sehingga terdapat keterhubungan antar komponen kurikulum PAI baik dari segi materi, strategi, dan waktu pelaksanaan yang mengarah pada pencapaian tujuan. (3) Proses pelaksanaan kurikulum PAI di MIN Medan Barat terbagi menjadi dua, yakni pada tingkat madrasah yang dilaksanakan oleh kepala madrasah dan wakil kepala madrasah, dengan menyusun hal-hal yang terkait dengan administrasi madrasah. Pada tingkat kelas, pelaksanaan kurikulum PAI dilaksanakan oleh guru yang terkait dengan administrasi serta proses pembelajaran. (4) Kepala madrasah melaksanakan evaluasi terhadap kurikulum PAI dalam bentuk supervisi akademik, peringatan, teguran, keteladanan, reward dan punishment. Secara teknis pelaksanaan evaluasi kurikulum PAI oleh kepala madrasah dilakukan dengan melakukan pembagian tugas evaluasi yang diserahkan kepada para guru dan pemegang jabatan baik pada proses pembelajaran di tingkat kelas maupun pada tingkat program madrasah secara keseluruhan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 24 May 2017 02:10
Last Modified: 24 May 2017 02:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item