Aktivitas Sosialisasi Keliling Petugas Bimbingan Sosial Dalam Menginformasikan Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba Di Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungbalai

Ramayanti, Windi (2022) Aktivitas Sosialisasi Keliling Petugas Bimbingan Sosial Dalam Menginformasikan Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba Di Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti mendapati beberapa permasalahan terkait sosialisasi keliling BNNK Tanjungbalai diantaranya: pelayanan dalam pelaksanaan belum optimal, penyampaian informasi belum efektif dan keterbatasan Sumber Daya Manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses aktivitas sosialisasi keliling dan faktor yang mempengaruhi serta faktor penghambat yang dilalui selama sosialisasi keliling yang dilakukan oleh petugas bimbingan sosial dalam menginformasikan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi non partisipant serta dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh faktor yang mempengaruhi sosialisasi keliling yaitu sarana yang mendukung dan adanya motivasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan SDM, tidak adanya feedback dan kemampuan petugas dalam penyampaian informasi. Pelaksanaan aktivitas sosialisasi keliling mencakup 4 aspek penilaian yaitu: 1). Konteks sosialisasi keliling mencakup waktu pada setiap hari selasa, kamis dan jumat. Sasaran kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungbalai. Kompetensi petugas bimbingan sosial dari tingkat pendidikan dan pengalaman masa kerja sudah relevan. Sedangkan feedback belum ditemukan karena petugas hanya menyampaikan informasi tanpa adanya evaluasi. 2). Konten sosialisasi keliling mencakup materi berisi pemahaman umum bidang pencegahan dan pemberantasan masyarakat, bidang rehabilitasi dan bidang pemberantasan. Media terdiri dari mobil sosialisasi keliling, pengeras suara dan brosur sedangkan pada metode dilakukan secara langsung dengan sosialisasi satu arah. 3). Proses aktivitas sosialisasi keliling terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pembukaan, tahap pemberian materi dan tahap penutup. 4). Hasil sosialisasi mencakup adanya edukasi pemahaman akan bahaya narkoba dan terbentuknya konsep kepribadian berupa rasa takut, cemas dan diawasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Sosialisasi Keliling, Petugas Bimbingan Sosial, Narkoba
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:07
Last Modified: 03 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item